Pendidikan

Ketika Siswa Lebih Hapal Lagu Dangdut Daripada Lagu Nasional

Anggota Komisi II DPR RI Dadang S Muchtar

KARAWANG, EDUNEWS.ID – Menyedihkan ketika siswa-siswa lebih hapal lagu-lagu dangdut ketimbang lagu nasional. Hal ini terungkap, ketika Anggota Komisi II DPR RI Dadang S Muchtar melakukan kunjungan ke SMPN 6 Karawang Barat.

“Lagu wajib memang tidak sekental dahulu, pelajar yang harus hafal diluar kepala. Tapi sekarang hanya di dengar pada momen-momen tertentu, seperti saat perayaan kemerdekaan RI atau upacara bendera,” ujar Dasim, sapaan akrab Dadang usai melakukan sosialisasi kepada pelajar dan Aparatur Sipil Negara (ASN) guru di SMPN 6 Karawang Barat.

Menurutnya, siswa mulai tak tertarik untuk belajar lagu-lagu nasional. Malahan dominan hafal lagu dangdut atau pop yang tenar saat ini. Dadang pun membuktikan dengan bertanya langusng kepada siswa dan juga guru di SMPN 6. Hasilnya, Sambalado jauh lebih populer di antara meraka.

Baca juga :  Hadapi Masa Depan, Murid harus Mampu Ciptakan Pekerjaan Baru

“Saya tes guru dan pelajar salah satu lagu wajib nasional ada yang tidak hafal. Malahan baru dengar judul lagu (nasional) tersebut. Jangan sampai lagu nasional jadi terlupakan dan tenggelam oleh jaman,” katanya.

Advertisement

Untuk menumbuhkan nasionalisme, Dasim meminta tenaga pendidik dapat memberikan pembelajaran lagu wajib nasional, khususnya untuk guru mata pelajaran yang berkaitan.

“Dari dinas juga dapat mengeluarkan surat supaya guru pelajar menyampaikan lagu wajib nasional, dari SD, SMP hingga SMA untuk bangkitkan rasa nasionalisme,” kata Dasim lagi.

Selain itu juga, buku-buku lagu wajib harus ada di sekolahan. Jika perlu ada di pajang di dinding ruang kelas pelajar guna mengetahuinya lagu tersebut.

“Minimal pelajar tahu dengan lagu-lagu nasional. Mungkin jaman dulu mah ada, seperti gambar Pancasila, Peta dan lain sebagainya dipajang diruang kelas,” tandasnya.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com