Pendidikan

KIP untuk Persiapan Indonesia Sambut Bonus Demografi 2045

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Program Kartu Indonesia Pintar (PIP) bukan hanya untuk menjamin semua anak usia sekolah mendapat pendidikan dengan baik. Tetapi juga sebagai program jangka panjang pemerintah dalam mempersiapkan generasi masa depan yang berdaya saing global.

Pasalnya, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi dengan memiliki populasi usia produktif terbesar se-Asia Tenggara pada 2045. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyatakan, pemerintah memiliki komitmen kuat untuk membuka secara luas akses pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dengan KIP, anak yang tumbuh dalam keluarga kurang mampu tetap memiliki jaminan untuk mengenyam jenjang pendidikan formal hingga tingkat atas.

“Jadi tidak punya pilihan kecuali mempersiapkan sebaik-baiknya dari sekarang,” ucap Muhadjir, dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Baca juga :  Puncak Perayaan Hari Aksara Internasional 2016 Akan Diadakan Di Palu

Pendistribusian KIP kini semakin meluas, bukan hanya untuk siswa miskin. Sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), anak yatim piatu juga berhak mendapat KIP.

Untuk pendataannya, Kemendikbud menggunakan basis data pokok pendidikan (Dapodik) per Desember 2016. Dalam data tersebut, diperkirakan ada sebanyak 896.000 anak yatim dan yatim-piatu yang mendapatkan KIP.

Muhadjir mengatakan, penerima KIP adalah anak yatim dan yatim-piatu yang berada di panti asuhan dan di luar panti asuhan. Ia memastikan, penerima KIP untuk kategori anak yatim dan yatim-piatu adalah mereka yang berasal dari golongan tidak mampu.

“Anak yatim yang ternyata kaya ada banyak dan mereka tidak akan menerima KIP. Nanti kalau diberi KIP malah tersinggung,” ujarnya.

Baca juga :  Sering Minta Data Berkas Guru Madrasah, Sikap Kemenag Dikeluhkan

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com