Pendidikan

Media Sosial Dinilai Mampu Dukung Proses Belajar Mengajar

ILUSTRASI

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Media sosial kini sudah terintegrasi ke dalam hampir semua aspek kehidupan modern, Teknologi Informasi (TIK) mengubah bagaimana orang bekerja, bersosialisasi dan berkomunikasi, termasuk dalam mempengaruhi anak dalam belajar.

Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan pembukuan, Prof Nizam mengatakan pada bidang pendidikan media sosial juga memiliki potensi untuk mendukung proses belajar mengajar dan meningkatkan mutu pembelajaran.

“Contohnya, seorang guru bisa menggunakan fasilitas media sosial (medsos) Facebook untuk menyampaikan pelajarannya,” kata Prof Nizam dalam Kopi darat diskusi pendidikan di Kantor Kemendikbud, Jakarta Pusat, kemarin (9/11/2016).

Mengajar dengan menggunakan Media sosial juga memberikan ilmu kepada murid untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan digital yang mereka butuhkan pada abad ke-21.

“Dengan bisa mengoperasikan media sosial mereka juga belajar banyak tentang teknologi yang pastinya akan bermanfaat buat ketrampilan mereka menghadapi era globalisasi,” ucap Nizam.

Meski begitu, terdapat tantangan untuk memadukan media sosial dalam bidang pendidikan, terlepas dari manfaatnya, media sosial juga memberikan dampak negatif bagi pendidikan.

“Tapi guru-guru dan murid-murid biasanya lebih banyak menggunakan medsos untuk hal administrasi dibandingkan untuk tujuan pendidikan,” katanya.

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com