Pendidikan

Menggerakkan Urban Farming Warga Jakarta

 

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kerukunan Tani Perkotaan bekerja sama dengan Sentra Pertanian Perkotaan (SPP) SMK Negeri 63 Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Reguler Perkotaan. Pelatihan perdana ini dilaksanakan pada Sabtu 4 November 2017 di Sentra Pelatihan SMK Negeri 63 Jakarta Jalan Aselih Nomor 100 Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Menurut Wilda S Ni’am Koordinator Kerukunan Tani Perkotaan (KTP) kegiatan Pelatihan Reguler Perkotaan kerjasama dengan SMK Negeri 63 Jakarta adalah upaya KTP untuk menghidupkan sistim pertanian masyarakat perkotaan atau Urban Farming. Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin KTP yang dilaksanakan setiap hari Sabtu pagi.

“Sebagaimana pantauan kami kegiatan perdana ini disambut baik oleh masyarakat dengan antusias peserta mencapai 43 peserta,” katanya.

Bahkan respon positif datang dari peserta diantaranya, Wantia Wijayati, Ibu Rumahtangga dari Rancho, Tanjung Barat Jakarta Selatan, mengatakan, pelatihan Urban Farming menarik dan tertarik untuk ikut lagi, materinya mudah dimengerti, banyak dapat ilmu dan pengalaman baru. Harapannya, lanjut Ibu Wijayanti, harus ada sosialisi lanjutan, untuk evaluasi praktek.

Menurut Rahel mahasiswi kampus Tamajagakarsa, “keberlanjutan teori dari pelatihan dan pendampingan serta pengarahan pemanfaatan hasil dari pelatihan Urban Farming sangat dibutuhkan guna penguatan ditingkat masyarakat”.

Kesan positif juga datang dari Ibu Iis Sudono dan kelompok pengajiannya dari kampung Ciganjur Jagakarsa Jakarta Selatan yang juga ikut dalam pelatihan ini.

“Pelatihan sangat bermanfaat di era sekarang yang sangat minim lahan Untuk bertani dan berkebun, materi yang disajikan juga dibahas oleh narasumber yang kompoten dengan bidangnya sehingga kami merasa sangat terbantukan dan mendapat tambahan ilmu baru tentang Urban Farming,” katanya.

Selanjutnya kegiatan Pelatihan Reguler Pertanian Perkotaan akan terus digalakkan bagi warga domisili DKI Jakarta yang berminat dapat melakukan pendaftaran ke SMK Negeri 63 Jakarta.

Facebook Comments

Most Popular

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2017 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!