Pendidikan

Menteri Agama ajak Siswa Madrasah untuk Terus Berkreasi

Menag Lukman memberikan selamat kepada para juara Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah Tahun 2016. (

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengajak siswa madrasah untuk terus bermimpi dan berkreasi. Menurutnya, impian merupakan penyemangat dalam menjalani kehidupan dan mengembangkan potensi.

“Awal inovasi dan kreatifitas seseorang di awali dengan mimpi,” ucap Menag saat memberi sambutan dalam penutupan Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah di Mall Of Indonesia Jakarta, kemarin (31/10/2016).

Event tahunan kedua yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah ini diikuti oleh 90 peserta yang lolos seleksi dari ratusan siswa yang mendaftar. Peserta dibagi menjadi 45 tim, satu tim berjumlah dua orang dari setiap jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

“Dengan kita sering bermimpi, akan semakin terasah potensi kita. Karena semua penemuan di dunia ini merupakan karya cita tangan manusia yang bermula dari impian, tidak datang begitu saja,” tambah Menag.

Baca juga :  Pemerintah Didesak Segera Angkat 250 Ribu Guru Honorer jadi P3K

Selain mimpi, hal lainnya yang dipesankan Menag adalah kreatifitas. Menag minta para siswa madrasah untuk memiliki cara pemikiran yang tanpa batas. Menurutnya, orang kreatif ditandai dengan cara pikir yang tidak monoton dan tidak terbelenggu dengan kelaziman atau hal-hal yang biasa.

Advertisement

“Harus sering dilatih pemikiran kita agar selalu dapat berinovasi. Mudahnya, cara berpikir orang keratif itu selalu out of the box, atau keluar dari kotaknya. Artinya seseorang tidak akan menemukan hal yang baru, jika masih berada pada cara pemikiran yang sama,” ujarnya.

Menag menilai, kreatifitas dan inovasi telah membawa image madrasah jauh lebih pesat, menyamai bahkan mengungguli sekolah umum. Hal ini, lanjut Menag, salah satunya ditandai dengan meningkatnya kepercayaan orang tua terhadap pendidikan madrasah seiring meningkatnya prestasi siswa madrasah baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Kita patut berbangga, sebagai lembaga pendidikan agama, madrasah membuktikan dirinya sebagai lembaga pendidikan yang terbukti memproduksi generasi muda yang bertaqwa serta berilmu teknologi. Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah ini merupakan wahana penyaluran kreatifitas potensi siswa-siswi madrasah dalam mengaktualisasikanya,” ujarnya.

 

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com