Pendidikan

Menteri PPPA: Pendidikan Penting, tapi Kesehatan juga Penting

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengingatkan agar pembelajaran tatap muka harus aman bagi anak-anak agar tidak terpapar Covid-19. Pemerintah berencana membuka kembali sekolah pada Juli 2021 atau saat tahun ajaran baru dimulai.

Bintang mengatakan Kementerian PPPA sedang berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menjamin keamanan anak-anak yang akan mengikuti sekolah tatap muka.

“Yang jadi perhatian kita juga bukan hanya dari sisi pendidikan, apalagi sekolah akan tatap muka. Maka ini yang harus kita siapkan,” ujar Bintang dalam acara podcast ANTARA di Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Dia menekankan anak-anak Indonesia merupakan generasi penerus bangsa yang harus dilindungi, terutama di masa pandemi.

“Pendidikan penting, tapi kesehatan juga penting,” kata dia.

Bintang menjelaskan adanya tren klaster Covid-19 keluarga sejak September 2020 membuat Kementerian PPPA diberi mandat khusus membuat protokol kesehatan keluarga. Sebab, menurutnya, meski seseorang di dalam rumah bukan berarti dia aman dari penyebaran Covid-19.

Ia mengatakan, penyebaran virus tersebut di dalam rumah patut diwaspadai. Apalagi, jika terdapat anak-anak di dalam rumah itu.

“Maka protokol itu juga harus kita terapkan. Bagaimana keluarga bisa memutus mata rantai COVID-19,” ujar dia.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa pembelajaran tatap muka bisa dimulai setelah vaksinasi Covid-19 pada guru selesai dilaksanakan.

“Kalau kita bisa menyelesaikan vaksinasi ini sampai dengan akhir bulan Juni, maka tahun ajaran berikutnya, pada Juli, bisa melakukan pembelajaran tatap muka,” katanya pada acara peluncuran program vaksinasi guru di SMAN 70 Jakarta, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Esensi dari kebijakan ini, dan kenapa tenaga pendidik itu menjadi salah satu yang prioritas adalah, sudah cukup lama anak-anak kita tidak sekolah tatap muka,” tuturnya.

Baca Juga :   Pj Sekda Makassar Paparkan Program Pemberdayaan Perempuan di Hadapan Menteri P3A

Ia menekankan bahwa pembelajaran tatap muka di sekolah harus dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan selama penularan Covid-19 belum terkendali.

Mendikbud mengatakan, pemerintah berusaha melakukan tindakan cepat supaya pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan lagi karena pelaksanaan pembelajaran dari jarak jauh dalam jangka panjang bisa mempengaruhi perkembangan anak.

“Kita mengambil tindakan yang cepat dan gesit untuk bisa melaksanakan lagi sekolah tatap muka,” ujarnya.

 

 

rpl

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com