Pendidikan

Mulai dari Distribusi Hingga Data yang Tidak Valid Masih Jadi Masalah Guru Saat ini

JAKARTA, EDUNEWS.id – Hingga kini, masih banyak masalah terkait guru Indonesia. Mulai dari distribusi guru yang tidak merata hingga urusan mutu tenaga pendidik di Tanah Air.

Nyatanya, berbagai masalah guru tersebut cukup sulit diatasi karena tidak adanya data valid untuk mengukurnya. Pengamat pendidikan, M Abduhzen menyebut, Indonesia masih lemah dalam hal data.

Misalnya, masalah distribusi guru yang kerap menjadi sorotan. Indonesia masih belum memiliki data yang pasti berapa sebenarnya jumlah guru yang dibutuhkan untuk menutupi kekurangan guru tersebut.
“Kita tidak punya data valid. Berapa guru yang kurang itu tidak disampaikan dengan jelas,” ungkap Abduhzen dalam sebuah diskusi di Gedung PGRI, belum lama ini, dikutip dari Okezone, Kamis (23/6/2016).

Baca juga :  Kemendikbud Gandeng Ombudsman Awasi UNBK

Kekurangan guru, ujar Abduhzen, masih terjadi di beberapa daerah. Sementara itu guru honorer K2 yang ada saat ini tidak diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

“Makanya untuk mengangkat guru itu perlu ada data valid,” tegasnya.

Abduhzen mengimbuhkan, mempersiapkan mutu guru pun bukan hanya dilakukan saat guru sudah terjun menjadi seorang guru. Sebaliknya, mengasah kualitas guru perlu dipersiapkan sejak para calon guru itu terjun menjadi seorang pendidik.

“Calon-calon guru ini juga harus dipikirkan. Bukan hanya dari Kemdikbud tapi juga Kemristekdikti. Karena generasi kan selalu berkembang, jadi perlu ditangani serius,” imbuhnya.

Abduhzen menambahkan dulu masalah pada guru berada pada finansial. Sehingga guru perlu juga diperhatikan dari segi kesejahteraannya. Saat ini, guru-guru sudah mendapatkan sejumlah sertifikasi dan perlu meningkatkan mutu mereka.
“Kini tinggal meningkatkan mutunya,” tambahnya.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!