Pendidikan

Nilai UN Tahun ini Menurun

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Niai Ujian Nasional yang diselenggarakan 2017 turun dari tahun lalu. Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menilai pelaksanaan UN berhasil.

Indikatornya, integritas pelaksanaan Ujian Nasional 2017 meningkat 3,4 poin dari tahun lalu. Hal tersebut terjadi karena sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) meningkat 760 persen.

Kendati demikian, dari total 98.000 satuan pendidikan jenjang SMP/SMA/SMK sederajat yang menyelenggarakan UN, sebanyak 51 persen sekolah masih menyelenggarakan UN dengan berbasis kertas pensil.

Muhadjir mengklaim, UNBK berhasil memetakan kualitas sekolah lebih presisi. Pasalnya, siswa tak mungkin bisa melakukan kecurangan. Menurut dia, sekolah yang tahun lalu berpredikat integritas rendah tetapi siswanya memiliki nilai UN tinggi banyak yang mulai menerapkan UNBK.

Baca juga :  Kemendikbud Gelar Raker dengan DPD, Apa Aja Yang Dibahas?
Advertisement

“Nilai UN nya jadi menurun. Ya itu dilema memang. Kalau mau jujur ya nilainya jadi terkoreksi turun. Tapi setidaknya siswa tidak lagi melakukan kecurangan. Saya terus mengingatkan kepada kepala sekolah, ajak siswa berbuat jujur walaupun nilainya turun,” ucap Muhadjir dalam acara evaluasi UN 2017, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Jum’at, (12/5/2017).

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com