Pendidikan

Orang Tua Bakal Demo di Depan Kantor Kemendikbud Protes Syarat Masuk Sekolah

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Sejumlah orang tua murid yang menamakan diri Forum Relawan PPDB DKI 2020 bakal berunjuk rasa di depan kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta Senin, 29 Juni 2020 pukul 10.00 WIB. Juru bicara Forum Orang Tua Murid (FOTM), Dewi Julia, mengatakan aksi digelar untuk memprotes syarat usia dalam penerimaan peserta didik baru PPDB Jakarta yang dianggap diskriminatif.

“Kami mengadakan aksi demo di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan harapan agar pemerintah khususnya bapak menteri untuk mengevaluasi dan meninjau ulang hasil pelaksanaan PPDB 2020,” ucap Dewi dalam keterangan tertulis, Senin, 29 Juni 2020.

Syarat usia itu dianggap tidak adil terhadap calon murid yang berusia muda. Sebab, menurut Dewi, peluang mereka untuk diterima di sekolah negeri lebih kecil. Dia melanjutkan tujuan pemerintah DKI memprioritaskan calon murid yang lebih tua atas dasar merangkul anak tidak mampu juga tidak tepat.

Baca juga :  Kemendikbud Tidak Paksakan Sekolah Gelar UNBK

“Karena faktor usia tidak bisa dijadikan parameter untuk menilai seorang siswa-siswi kurang mampu secara ekonomi,” ujar dia.

Forum Relawan PPDB DKI 2020 menuntut dua hal. Pertama, menolak sistem seleksi usia dalam PPDB 2020 di semua jalur, baik zonasi, afirmasi, inklusi, dan prestasi. Mereka meminta agar pemerintah mengulang PPDB tahun ini dengan menerapkan indikator zonasi, nilai rata-rata Sidanira (daftar nilai), dan akreditasi sekolah.

Kedua mendesak pemerintah pusat dan daerah memberi perhatian khusus dan solusi terbaik terhadap calon murid yang tak lolos PPDB DKI. Dewi mengharapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menerima tuntutan tersebut.

 

tmp

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com