Pendidikan

Pentingnya Peran Pendidikan untuk Cegah Anak Kecanduan Merokok

ILUSTRASI

GRESIK, EDUNEWS.ID – Upaya sejak dini untuk mencegah generasi muda dari kecanduan merokok dan narkoba memerlukan peran serta masyarakat yang mau menjadi guru di lingkungan masing-masing. Dengan demikian, bisa diciptakan suasana lingkungan pendidikan yang baik bagi anak-anak. Sebab, kebanyakan perilaku anak itu dipengaruhi oleh lingkungan.

“Ada Trilogi pendidikan, yaitu sekolah, keluarga dan lingkungan. Kebanyakan anak-anak itu belajar dari luar sekolah atau lingkungan,” kata Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Gresik, Nur Fakih, Jumat (3/2/2017).

Untuk memberikan lingkungan pendidikan yang baik, dewan pendidikan Kabupaten Gresik berusaha membuat kampung pendidikan atau Desa pendidikan. Harapannya, ada lingkungan yang sadar terhadap pertumbuhan bagi anak-anak.

Masyarakat dapat mengawasi dan mengarahkan secara langsung jika ada anak yang bertindak kurang baik di masyarakat. Seperti anak yang merokok, masyarakat dapat memberikan teguran dan peringatan kepada anak tersebut agar tidak merokok.

Baca juga :  Komnas Perlindungan Anak Ingatkan Sekolah harus Bebas Rokok

“Bahkan, soal perilaku anak yang kurang baik itu, kebanyakan dipengaruhi oleh lingkungan. Seperti anak belajar merokok, itu pasti diajari oleh teman-temannya. Tidak mungkin orang tuanya menyuruh atau mengajarkan anak untuk merokok. Anak berbuat kriminalitas, itu karena berteman dengan lingkungan yang kurang baik,” imbuh Nur Fakih yang pernah menjadi anggota KPUD Kabupaten Gresik.

 

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com