Pendidikan

Puluhan SD di DIY Gelar Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Selama Empat Hari

Ilustrasi.

KULON PROGO, EDUNEWS.ID – Sebanyak 55 sekolah dasar (SD) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaksanakan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) selama empat hari Senin-Kamis (26-29/2021). Simulasi ini sebagai persiapan menyambut pelaksanaan PTM pada Juli 2021.

“Simulasi ini merupakan inisiatif kami. Kami ingin pastikan sebelum PTM digelar sejauh mana persiapan sekolah. Nah ini juga jadi kesempatan untuk assesmen,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulon Progo, Arif Prastawa kepada wartawan di Wates, Selasa (27/4/2021).

Melalui simulasi ini Disdikpora Kulon Progo ingin melihat kesiapan sarana prasarana (sarpras) penunjang protokol kesehatan (prokes) di sekolah. Selain itu memastikan Standar Operasional Prosedur (SOP) PTM yang telah dibuat sekolah benar-benar dijalankan.

Setelah simulasi selesai akan dievaluasi untuk melihat ada tidaknya kekurangan sarpras, SOP termasuk manajemen risiko penanganan COVID-19 di sekolah. “Misal antisipasi kita seperti apa kalau ada warga sekolah yang terkonfirmasi positif dan sebagainya,” terangnya.

Disinggung soal ada tidaknya evaluasi selama dua hari pelaksanaan simulasi, Arif menjelaskan masih ada sejumlah catatan yang harus diperhatikan sekolah. Pihaknya melihat masih ada kerumunan di titik penjemputan siswa di luar kelas. Karena itu disarankan agar jam pulang dan masuk sekolah tidak bersamaan.

“Kalau di dalam kelas ada catatan khususnya untuk sekolah yang siswanya banyak tapi ruang kelas kurang luas. Solusinya jendela harus dibuka atau nanti ada modifikasi lagi jumlah siswa yang masuk, yang penting bisa jaga jarak,” tuturnya.

Arif mengatakan sekolah yang tidak masuk dalam daftar 55 sekolah yang menjalankan simulasi ini akan melaksanakan kegiatan serupa di kemudian hari. Perlu diketahui total jumlah SD di Kulon Progo 338 unit. Artinya masih ada 288 sekolah belum melaksanakan simulasi.

“Yang belum nanti kami upayakan untuk bisa melaksanakan simulasi dalam beberapa hari ke depan,” pungkasnya.

dtk

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com