Pendidikan

Relawan Jokowi Diminta Awasi Penyaluran KIP dan Dana Desa

 

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Presiden Joko Widodo meminta kepada pendukungnya mengawasi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Tolong awasi KIP dan KIS, apakah sudah ke tangan yang benar. Pengawasan itu diperlukan sebab anggaran subsidi yang dialokasi pemerintah sangat besar,” tegas Jokowi saat menyampaikan pidatonya pada Silaturahmi Nasional (Silatnas II) Pendukung Setia Jokowi 2017, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2017).

Tak hanya subsidi di KIP dan KIS saja, Presiden juga berharap relawan ini turut memantau pemanfaatan dan penyaluran dana desa.

Penyaluran dana desa tiap tahun bertambah. Dengan alokasi dana ke desa sebesar 60 triliun rupiah pada 2017, Presiden Jokowi tak mau anggaran itu dikorupsi.

“Ikut kontrol agar tidak dikorupsi,” ucapnya.

Selain memberi sambutan, Jokowi sempat ikut bernyanyi bersama Edo Kondolangit. Di awal acara, Edo diminta menyanyikan lagu Pancasila Rumah Kita. Lagu tersebut dipopulerkan oleh Franky Sahilatua .

Di tengah nyanyian, Edo terlihat berjalan mendekati kursi Jokowi. Penyanyi asal Papua itu lantas menyodorkan mik ke arah Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyambutnya dan ikut bernyanyi.

Para pendukung meresponsnya dengan memberikan tepuk tangan. Setelah bernyanyi bersama, perwakilan relawan membacakan peneguhan dukungan. Teks dukungan itu dibacakan oleh Andi Gani Nenawea. Silatnas II ini dihadiri oleh ribuan pendukung setia Jokowi. Mereka kompak mengenakan baju berwarna putih dengan pin di dada. Mereka mengibarkan bendera Merah Putih saat Jokowi tiba sekitar pukul 18.00 WIB.

“Dua periode…, Jokowi,” teriak para pendukung Jokowi sambil mengacungkan dua jari ke atas.

Dalam acara ini ditampilkan video-video kerja Jokowi selama memimpin Indonesia dalam tiga tahun terakhir. Tiba di ruangan acara sekitar pukul 18.20 WIB, ia langsung disambut hangat relawan.

Para relawan mendekati Jokowi, bersalaman, dan meminta foto bersama. Namun, Jokowi hanya mampu meladeni para relawan yang berada di barisan depan. Relawan yang duduk di bagian tengah dan belakang tidak kebagian berfoto bersama. Bahkan, dari posisi mereka, kehadiran Jokowi saja tidak terlihat.

Ketua Panitia Silatnas II Relawan Pendukung Jokowi, Mohammad Yamin, mengatakan Silatnas ini diselenggarakan menjelang peringatan hari kemerdekaan ke-72 RI. Itulah sebabnya, Silatnas II ini mengambil tema “Pancasila Rumah Kita”.

Facebook Comments

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2017 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Close