Pendidikan

Santunan Beasiswa akan Ditambah

 

 

 

TANGERANG, EDUNEWS.ID – Kementerian Ketenagakerjaan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) tengah mengkaji perluasan manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya manfaat beasiswa pada program Jaminan Kematian (JKm). Dengan perluasan manfaat ini diharapkan akan semakin banyak pekerja yang menjadi peserta.

“Kami bersama pihak BPJSTK tengah mengkaji untuk penambahan manfaat tersebut. Mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama sudah ada hasilnya,” kata Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, seusai acara penyerahan membayarkan santunan kepada ahli waris Eni Purwanti, calon TKI asal Lampung yang meninggal sebelum berangkat bekerja ke luar negeri, di Tangerang, Selasa (15/8/2017).

Ia mengatakan salah satu peningkatan manfaat yang sedang dikaji tersebut adalah beasiswa pendidikan bagi anak peserta yang meninggal dunia.

Baca juga :  Kuliah Doktoral di Australia Kini Semakin Mudah, Berikut Informasinya !

“Jika selama ini hanya diberikan beasiswa sebanyak 12 juta rupiah, ke depan akan ditingkatkan lagi. Bisa dua hingga tiga kali lipat,” kata Hanif.

Advertisement

Direktur Utama BPJS-TK, Agus Susanto, menambahkan, ahli waris (anak) peserta BPJSTK yang meninggal dunia akan diberi beasiswa sampai perguruan tinggi.

“Jika tak melanjut kuliah, tapi ikut kursus, maka akan tetap dapat beasiswa untuk kursus hingga maksimal usia 23 tahun,” ucapnya.

Saat ini rencana itu masih dalam tahap pematangan regulasi. Diharapkan dalam waktu dekat segera diterapkan. Dalam kesempatan itu, Manaker, Hanif Dhakiri, mengingatkan perusahaan penempatan TKI swasta (PPTKIS) agar mendaftarkan calon tenaga kerjanya ke BPJS-TK. Sebab, mulai 1 Agustus 2017 sifatnya wajib.

Sebelumnya, TKI menjadi peserta asuransi yang dikelola oleh sebuah konsorsium perusahaan asuransi swasta. Mulai 1 Agustus 2017, TKI wajib menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan dengan periode perlindungan 31 bulan, yakni sejak direkrut PPTKIS, dilatih, masa penempatan dan sebulan setelah kembali ke Tanah Air.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com