Pendidikan

Sebanyak 86,67% Prodi S1 Unhas Telah Terakreditasi A

MAKASSAR, EDUNEWS.IDSebagai salah satu upaya meningkatkan budaya mutu di lingkungan akademik, Universitas Hasanuddin mengangadopsi standar akreditasi nasional yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), serta Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPT-Kes) sebagai tolok ukur utama.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D, menjelaskan bahwa sepanjang tahun 2019 Unhas mengajukan 44 program studi (prodi) untuk mengikuti visitasi akreditasi baik oleh BAN-PT maupun LAMPT-Kes, baik untuk jenjang S1, S2, S3, Profesi, dan Spesialis.

“Namun hingga akhir tahun hanya 30 prodi yang telah divisitasi oleh kedua lembaga tersebut,” kata Suharman, Senin (30/12) di Kampus Unhas.

Dari 30 prodi tersebut, sebanyak 18 prodi diantaranya memperoleh akreditasi A (baik yang mempertahankan akreditasi A maupun yang naik dari sebelumnya B menjadi A).  Sementara 12 prodi lainnya memperoleh akreditasi B (sebagian besar mengalami mengalami kenaikan dari akreditasi minimum menjadi B).  Seluruh 12 prodi yang meraih akreditasi B pada tahun 2019 ini adalah untuk jenjang S2, S3, profesi, dan spesialis.

Baca juga :  Hebat, IGMP Matematika Resmi Jadi Organisasi Guru Matematika Indonesia

Dengan capaian ini maka dari total 62 prodi di Unhas, sebanyak 52 prodi telah terakreditasi A, 10 prodi terakreditasi B, dan tinggal 2 prodi baru yang masih berstatus akreditasi minimum.

“Dengan demikian, sebanyak 86.67% prodi S1 di Unhas telah terakreditasi A.  Kita tidak memasukkan 2 prodi baru dalam perhitungan, karena keduanya baru akan mengajukan akreditasi pertama kali tahun depan, yaitu prodi Bahasa Mandarin di Fakultas Ilmu Budaya, dan prodi Aktuaria di Fakultas MIPA,” kata Suharman, Senin (30/12) di Kampus Unhas.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP), Dr. Ir. Budi Prastawa, M.Sc, mengatakan bahwa akreditasi merupakan medium untuk meningkatkan budaya mutu.  LPMPP yang memiliki tugas pokok dan fungsi merumuskan kebijakan dan melaksanakan standar mutu akademik telah melakukan sejumlah langkah untuk mencapai peningkatan akreditasi prodi di Unhas.

Baca juga :  45 juta Siswa di Sumut Siap Ikuti UNBK, Namun...

“Salah satu strategi yang kami lakukan adalah melakukan pemetaan kapasitas prodi di Unhas. Ada prodi yang telah memiliki budaya mutu tertata, namun ada juga yang perlu diberikan dukungan dan fasilitasi. Ini kami kelompokkan, lalu kita terapkan pendekatan yang sesuai kebutuhan masing-masing prodi,” kata Prastawa.

Advertisement

Meskipun demikian, dirinya mengakui masih ada sejumlah tantangan yang perlu menjadi pekerjaan rumah bagi Unhas ke depan, terutama untuk program studi S2 dan S3.  Data yang ada menunjukkan prodi S2 di Unhas yang telah terakreditasi A sebanyak 52,08%. Sementara untuk prodi S3, baru 35,71% yang terakreditasi A.

“Kami telah mengidentifikasi tantangan-tantangan yang kita hadapi, dan ini akan menjadi prioritas pada tahun-tahun mendatang.  Apalagi, pimpinan Universitas, dalam hal ini Ibu Rektor memberikan dukungan kebijakan yang sangat memadai,” lanjut Budi Prastawa.(*)

*Rincian prodi Unhas yang divisitasi tahun 2019 (jumlah 30 prodi)*

– Jenjang S1 : 7 prodi
– Jenjang S2 : 16 prodi
– Jenjang S3 : 4 prodi
– Pendidikan Profesi : 2 prodi
– Program Spesialis : 1 prodi

*Rincian prodi Unhas yang memperoleh Akreditas A tahun 2019 (jumlah: 18 prodi)*
– Jenjang S1:  7 prodi (mempertahankan A: 3 prodi; naik dari B ke A: 4 prodi)
– Jenjang S2: 9 prodi (mempertahankan A: 5 prodi; naik dari B ke A: 4 prodi)
– Jenjang S3: 1 prodi (mempertahankan A)
– Pendidikan Profesi: 1 prodi (naik dari B ke A)

*Rincian prodi Unhas yang memperoleh Akreditas B tahun 2019 (jumlah 12 prodi)*
– Jenjang S2:  7 prodi (dari minimum ke B: 4 prodi; tetap B: 3 prodi)
– Jenjang S3: 3 prodi (dari minimum ke B)
– Pendidikan Profesi: 1 prodi (dari minimum ke B)
– Program Spesialis: 1 prodi (dari minimum ke B).

*Rincian Capaian Akreditas Akumulasi hingga akhir tahun 2019*

– Jenjang S1
Akreditas A: 86,67%
Akreditasi B: 13,33%

– Jenjang S2:
Akreditasi A: 52,08%
Akreditasi B: 47,92%

– Jenjang S3:
Akreditasi A: 35,71%
Akreditasi B: 64,29%

– Pendidikan Profesi:
Akreditasi A: 50,00%
Akreditasi B: 50,00%

– Program Spesialis:
Akreditasi A: 78,95%
Akreditasi B: 21,05%

– Akumulasi Keseluruhan prodi di Unhas:
Akreditasi A: 68,02%
Akreditasi B: 31,98%

*Jumlah prodi terakreditasi A sebanyak 100 prodi (dari 147 prodi)*
Jenjang S1: 52 prodi,
Jenjang S2: 25 prodi,
Jenjang S3: 5 prodi,
Pendidikan Profesi: 3 prodi,
Program Spesialis: 15 prodi.(*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com