Pendidikan

Simulasi UNBK Kesetaraan Lancar

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Semula muncul kekhawatiran Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) tidak akan berjalan lancar. Sebab, peserta yang tidak lagi mudah, tak familiar dengan komputer, dan mereka harus menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Namun, berdasarkan simulasi selama dua hari, kemarin (26/3/2017) dan Sabtu lalu, mereka bisa menjalani ujian dengan lancar. Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam mengatakan peserta simulasi UNBK sangat antusias melakukan simulasi.

Mereka, kata Nizam, malah mengaku lebih sreg dengan UNBK. Mereka menilai UNBK lebih praktis ketimbang Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

“Kalau mengganti jawaban, tinggal klik, selesai. Sedangkan kalau ujian pakai kertas manual, menghapusnya lama, gak bersih-bersih. Kelamaan,” kata Nizam menirukan ucapan salah seorang peserta simulasi, Minggu (26/3/2017).

Baca juga :  Miris, Hanya 6 Sekolah di Manado yang Siap Gelar UNBK

“Kalau lima butir saja yang diganti, habis waktu berapa menit sendiri. Yang pasti tidak sesulit yang dibayangkan,” lanjutnya.

Nizam mengatakan, jika mengacu pada komentar para peserta simulasi, kekhawatiran banyak pihak sama sekali tidak terbukti. Sebelumnya, banyak pihak yang pesimis UNBK untuk UNPK bisa berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

Mengingat tidak semua peserta melek komputer. Mulai dari peserta didik, pengelola, hingga Dinas Pendidikan sempat mengkhawatirkan hal tersebut. Itu juga yang menjadi salah satu faktor mengapa UNPK gelombang pertama tahun ini tidak full UNBK.

Nizam menjelaskan, aplikasi UNBK sangat ramah pengguna. Siapa pun yang terbiasa mengoperasikan telepon seluler pasti bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Baca juga :  Kalteng Tak Bisa Gelar UNBK Serentak, Gara-gara ini

“Pasti tidak akan mengalami kesulitan dalam mengikuti UNBK,” terang Nizam.

Dengan kondisi seperti itu, UNPK gelombang kedua yang akan dilaksanakan full UNBK diyakini akan sukses.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/redaks[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com