Pendidikan

Siswa SLB Peringati Hari Down Syndrome Sedunia

JAKARTA, EDUNEWS.ID –  Sebanyak 200-an siswa penyandang down syndrome se-DKI Jakarta memperingati Hari Down Syndrome Sedunia, di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina Tingkat Nasional, Lebak Bulus, Jakarta. Hari Down Syndrome Sedunia diperingati pada 21 Maret tiap tahunnya. ‎

Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus Layanan Khusus Ditjen Dikdasmen Kemendikbud, Sri Renani Pantjastuti menjelaskan pemilihan kegiatan olah raga pada peringatan Hari Down Syndrome Sedunia tahun ini bertujuan untuk mendukung para siswa penyandang disabilitas agar mampu menunjukkan keberanian, kemampuan, dan keahlian, serta merasakan kebahagiaan.

“Dengan berolahraga bersama, para penyandang down syndrome dan tuna grahita lainnya mampu menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan dan memerlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan keluarga, sesama atlet special olympics, dan juga masyarakat luas,” ujar Renani saat Peringatan Hari Down Syndrome Sedunia, di SLB Pembina Tingkat Nasional, Lebak Bulus, Kamis (30/3/2017).

Baca juga :  PGRI Terus Perjuangkan Gaji Guru yang tak Layak

Peringatan tahun ini, lanjut Renani, bekerja sama dengan Special Olympics Indonesia atau SOIna, yaitu organisasi yang khusus menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olah raga bagi penyandang Disabilitas.

Organisasi ini telah mendapatkan akreditasi dari Special Olympics International (SOI). Tercatat, tiap tahun, para atlet binaan SOIna selalu berhasil meraih medali emas dalam berbagai ajang kompetisi olahraga penyandang disabilitas tingkat internasional.

Saat ini, SOIna mendaulat Stephanie Handojo, seorang penyandang down syndrome untuk menjadi juru kampanye global (International Global Mesanger) Special Olympics International.

“Direktorat Pembinaan PKLK Dikdasmen Kemendikbud bekerja sama dengan SOIna menyelenggarakan peringatan ini untuk mengajak masyarakat agar menerima, menghormati dan menghargai para penyandang down syndrome,” ujar Renani.

Baca juga :  Kinerja Kemendikbud Sudah Baik, Namun...

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com