Pendidikan

Siswa yang Alami Kendala saat UNBK Berhak Ikut Ujian Susulan

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Beberapa sekolah telah mendaftarkan siswanya untuk mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMK susulan pada 18-19 April.

Pendaftaran tersebut terpaksa dilakukan sekolah setelah beberapa siswa gagal dalam mengikuti UNBK utama. Penyebabnya, ketika ujian berlangsung, soal tidak muncul di monitor komputer siswa.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam menyatakan, seluruh siswa yang mengalami kendala saat pelaksanaan ujian utama berhak mengikuti UNBK susulan.

Sesuai dengan prosedur standar operasi (PSO) BSNP, siswa yang ikut ujian susulan tinggal datang ke sekolah. Mereka harus datang sesuai dengan jadwal dan waktu UNBK susulan.

Pendaftaran UNBK susulan dilakukan secara online melalui website ubk.kemdikbud.go.id. Pendaftaran dibuka hingga 11 April.

Baca juga :  Pendidikan di Kabupaten Bulungan Kaltara Memprihatinkan

Dalam pendaftaran tersebut, sekolah bisa mengisi kendala yang dihadapi saat UNBK utama berlangsung. Dalam pelaksanaan UNBK SMK susulan mendatang, Nizam memastikan soal yang diterima siswa memiliki tingkat kesulitan yang sama.

Isu mengenai kemudahan soal diberikan kepada siswa yang mengikuti ujian susulan itu tidak benar. Pemerintah tetap memberikan porsi sama. Pada soal UNBK nanti, memang ada perubahan, tetapi dalam bentuk penyederhanaan soal.

Misalnya, mengurangi kompleksitas bentuk soal video dan animasi agar saat berjalan di hardware dan sofware tidak terlalu berat.

“Dibuat lebih ringan tampilannya,” jelasnya.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com