Pendidikan

Syafii Maarif : Pendidik Baca Kembali Sejarah Pendiri Bangsa

 

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafii Maarif mengatakan guru sejarah harusnya mengajarkan gagasan dari bapak bangsa agar generasi muda dapat memahami Pancasila sebagai sumber pemikiran kebangsaan.

“Para pendiri bangsa ini umumnya paham sejarah, seperti Sukarno, Tan Malaka, Hatta, Agus Salim dan lainnya. Mereka punya cita-cita mulia untuk bangsa ini. Untuk itu guru sejarah mari baca kembali tulisan mereka,” kata Syafii Maarif saat memberikan Ceramah Umum Kesejarahan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin (28/8/2017).

Dia ingin guru sejarah dapat mendidik anak-anak menjadi patriot yang otentik. Untuk itu saat mengajar, guru sejarah tidak hanya bergantung pada kurikulum saja, mereka harus juga berkreasi dalam memberikan materi kepada peserta didik.

Baca juga :  Distribusi Dokter bisa Merata, Asal...

Syafii Maarif meminta guru sejarah untuk memperbanyak bacaannya tidak sebatas pada buku sejarah tetapi juga novel, filsafat dan agama sehingga guru dapat memberikan berbagai macam sudut pandang dalam mengantarkan pelajaran sejarah.

“Guru sejarah itu referensi bacaannya harus luas, tidak boleh hanya baca sejarah, supaya anak didik itu dapat melihat situasi dalam berbagai dimensi,” kata dia seperti dikutip dari Antara.

Syafii Maarif mengatakan sejarah adalah penghubung antara masa lampau dan masa sekarang, sekaligus menunjukkan arah masa depan bangsa.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com