Pendidikan

Tambah Guru Agama, Bamsoet Dorong Pemerintah Gandeng Pesantren

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ketua DPR Bambang Soesatyo menanggapi adanya kekurangan guru pendidikan agama islam (PAI). Bahkan, merujuk data Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag), kekurangan guru PAI mencapai angka 26 ribu.

Bamsoet -panggilan kondangnya- menyatakan, persoalan itu harus segera diatasi. Caranya, Kemenag bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) harus melakukan pembenahan demi mengatasi kekurangan guru PAI.

“Lakukan pembenahan sistem perekrutan, seleksi, pendidikan dan pelatihan terhadap guru PAI. Kemendikbud bisa menggandeng pondok-pondok pesantren untuk menarik minat santri menjadi guru, sehingga jumlah guru PAI dapat tercukupi sesuai dengan kebutuhan serta memiliki kualitas yang baik,” ujarnya di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Baca juga :  Pesantren Mahasiswa Untuk Moderasi Diperkuat
Advertisement

Politikus Partai Golkar itu menambahkan, Kemenag dan Kemendikbud sebaiknya segera bekerja sama memetakan kebutuhan guru PAI. Kemudian, hasil pemetaannya dijadikan acuan untuk membuka jurusan atau program studi di perguruan tinggi guna mencetak calon guru PAI. “Agar didapat guru atau tenaga pengajar PAI yang kompeten sesuai dengan bidangnya,” cetusnya.

Selain itu, Bamsoet juga mendorong Kemendikbud untuk meningkatkan pengawasan dalam menentukan kualitas dan kompetensi guru PAI. “Sehingga guru PAI benar-benar kompeten dan profesional,” katanya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com