Pendidikan

Tingkat Kepercayaan Terhadap Guru Menurun

ILUSTRASI GURU MENGAJAR

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta masyarakat untuk tetap memberikan kepercayaan kepada para guru di seluruh Indonesia, sehingga bisa menciptakan relasi yang kuat dan produktif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

“Mari kita tingkatkan rasa kepercayaan kita kepada para guru,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam Kongres XXI Persatuan Tamansiswa di Yogyakarta, kemarin (6/12/2016).

Menurut dia, akhir-akhir ini tingkat kepercayaan masyarakat kepada guru mengalami degradasi atau penurunan.

Padahal, katanya, semakin masyarakat tidak mempercayai seorang guru maka semakin sulit menjangkau guru tersebut untuk berkontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan nasional.

“Semakin kita tidak percaya pada seorang guru, maka semakin guru itu menjadikan dirinya sebagai orang yang tidak bisa dipercaya,” kata Menteri.

Baca juga :  KPAI : Guru Belum Pahami Pencegahan Kekerasan di Sekolah

Disisi lain, pemerintah dan masyarakat membutuhkan guru-guru yang mampu bekerja sama dengan semua pihak dalam meningkatkan mutu pendidikan di suatu sekolah.

Advertisement

“Jadi, perlu bagi kita untuk mempercayai guru sebagaimana seharusnya. Sebab setelah guru dipercaya, barulah dia akan menjadi orang yang menjalankan amanah yang dipercayakan padanya,” terang Muhadjir.

Karena itu, kata Mendikbud, pihaknya meminta agar masyarakat secara aktif juga menaruh kepercayaan kepada guru, sekaligus juga melakukan evaluasi dan pengawasan bagi peningkatan kualitas pendidikan di setiap sekolah.

Selain itu, bantuan dan dukungan penuh dari guru-guru Tamansiswa dalam meningkatkan mutu pendidikan murid di Indonesia, sangat diharapkan. Khususnya para guru yang terus berjuang mendidik dan mengajar serta membagikan pengalamannya kepada masyarakat untuk mampu memberikan kepercayaan sepantasnya kepada seorang guru.

“Ini waktunya bagi kita untuk terus membenahi diri dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan siswa, yaitu melibatkan peran masyarakat dalam memberikan aspek kepercayaan pada setiap guru,” ungkap Muhadjir.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com