Pendidikan

UNBK SMA harus lebih Baik dari SMK

Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pelaksanaan ujian sekolah berbasis nasional (USBN) tingkat  SMA yang digelar pada hari ini (10/4/2017) ini harus lebih baik dalam segi pelaksanaannya dibanding USBN di tingkat SMK pada pekan lalu.

Sejumlah catatan penting saat pelaksanaan USBN SMK seperti persoalan ketersediaan komputer, jaringan internet yang terkendala, serta pasokan listrik menjadi penyebab jalannya USBN tingkat SMK menjadi terganggu.

“Oleh karenanya, saya berharap hal semacam itu jangan sampai terjadi lagi dalam USBN tingkat SMA ini,” ujar Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati dalam rilis yang diterima edunews.id, Senin (10/4/2017).

Ketua Fraksi PPP DPR RI ini mengatakan, konsep USBN yang materi soalnya  mayoritas bersumber dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) jangan sampai mengurangi kualitas pelaksanaan USBN ini.

Baca juga :  Sekolah Lima Hari hanya Bikin Kegaduhan

Potensi kebocoran soal USBN harus ditekan hingga benar-benar tidak ada peluang kebocoran soal USBN tersebut. Jangan karena ingin kualitas sekolah agar dianggap bagus, langkah-langkah yang tidak terpuji dilakukan misalnya membocorkan soal USBN untuk anak didik.

Advertisement

Reni menilai, langkah tersebut tentu bertentangan dengan hukum serta mengajarkan hal yang tidak baik untuk anak didik.

“Saya meminta stakeholder dalam persoalan USBN ini untuk senantiasa mengontrol secara ketat setiap tahapan pelaksanaan USBN ini agar sesuai dengan aturan main yang berlaku,” tambah Reni.

Reni berharap pemerintah pusat harus senantiasa memastikan kerja dinas pendidikan di daerah agar bekerja sesuai dengan tupoksinya. Potensi ruang kebocoran soal USBN harus ditutup dan dicegah sedemikian rupa.

“USBN ini bukan hanya sekadar untuk melakukan pemetaan terhadap mutu pendidikan, bukan hanya sekedar untuk kelulusan siswa dan syarat sampai melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, tapi USBN ini juga untuk menguji integritas dan kejujuran siswa,” ujarnya.

Oleh karenanya, Reni melanjutkan, semua pihak harus memiliki komitmen yang sama agar pelaksanaan USBN ini dilaksanakan secara jujur agar menghasilkan siswa yang bermoral dan berintegritas.

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com