Pendidikan

Warga Berharap Sekolah Tak Berlakukan Tes Calistung

ILUSTRASI

SAMPIT, EDUNEWS.ID – Orang tua calon siswa baru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah berharap sekolah tidak memberlakukan tes baca, tulis dan hitung (Calistung) dalam penerimaan siswa baru tahun ajaran 2017-2018.

“Aturan pemerintah kan memang sudah tidak memperbolehkan lagi tes calistung, tapi tahun lalu saya dengar masih ada sekolah yang memberlakukan itu. Saya berharap sekolah mematuhi perintah untuk tidak memberlakukan tes calistung,” kata Desi, warga Sampit, Minggu (7/5/2017).

Menurut Desi, calon siswa baru tingkat Sekolah Dasar belum perlu diterima melalui tes masuk karena pada tahap ini yang harus dikedepankan adalah partisipasi siswa baru. Pemerintah sedang gencar menjalankan program pengentasan angka putus sekolah.

Baca juga :  Soal Isian dalam USBN SD Dinilai tak Tepat

Jika masih ada sekolah yang memberlakukan tes calistung sebagai syarat bagi siswa baru, dikhawatirkan justru menghambat anak yang hendak sekolah. Dampaknya justru akan buruk terhadap berbagai program pendidikan yang dijalankan pemerintah.

“Justru di Sekolah Dasar itulah anak diajari membaca, menulis dan berhitung. Memang rata-rata anak sekarang masuk Taman Kanak-Kanak dan dikenalkan dengan huruf dan angka, tapi di usia itu kemampuan mereka kan beda-beda dalam menyerap pelajaran,” kata Desi.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com