EDUNEWS

Pengamat Pendidikan Nilai Game Harus Diblacklist dalam Kuota Gratis Kemendikbud

Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan website yang tidak berkaitan dengan pendidikan, seperti TikTok, Instagram, hingga Facebook, masih tetap masuk blacklist kuota internet gratis. Pengamat pendidikan dari Vox Populi Institute Indonesia Indra Charismiadji menilai game juga harus masuk blacklist.

“Blacklist udah bagus, game-game juga jangan,” kata Indra kepada detikcom, Rabu (10/3/2021).

Indra tak menyebut kategori game apa yang harus masuk blacklist. Menurutnya semua game harus diblok.

“Semua game harusnya diblok. Ini (kuota internet gratis) kan buat belajar bukan untuk main game,” jelasnya.

Pengamat Pendidikan dari Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Ari S Widodo Poespodihardjo, juga berpendapat senada dengan Indra. Menurutnya game harus masuk blacklist.

“Ya. Karena inti pulsa bantuan pemerintah adalah untuk KBM (kegiatan belajar mengajar),” jelas Ari.

Ari menjelaskan bantuan kuota internet gratis dari pemerintah dimaksud untuk menunjang proses belajar mengajar saat pandemi. Sehingga sudah sepantasnya bantuan pemerintah dibatasi dan hanya digunakan untuk keperluan belajar mengajar.

“Terlepas dari apa yang akan dibatasi, saya rasa pihak Kemdiknas dalam hal ini akan mengikuti konvensi yang ada misalnya akses ke Google Scholar akan tetap dibuka,” tutur Adi.

Diberitakan sebelumnya, Nadiem menyebut subsidi kuota internet akan menjadi lebih fleksibel namun tetap dengan pengecualian tertentu. Pengecualian itu yakni website-website atau aplikasi yang tidak berhubungan dengan aktivitas belajar mengajar.

“Tapi kita mengecualikan hal-hal yang sama sekali tidak berhubungan dengan pendidikan, TikTok, Facebook, Instagram, itu kita kecualikan. Jadinya kita buat blacklist bapak-ibu,” ujar Nadiem dalam rapat bersama Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (10/3/2021).

dtk

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com