EDUNEWS

Prihatin Terhadap Minat Baca, Legislator Koltim ini Hadirkan Perpustakaan Desa

 

 

KOLTIM, EDUNEWS.ID– Berkiprah di dunia politik, bagi sebagian politisi adalah aktifitas yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Politisi pun seringkali diidentikkan dengan aktifitas elit yang sulit meluangkan waktu khusus untuk kegiatan lainnya.

Adalah Irwansyah, Anggota DPRD Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara, meski disibukkan dengan aktifitasnya sebagai perwakilan rakyat, namun perhatiannya terhadap sosial kemasyarakatan, khususnya di sektor pendidikan adalah aktifitas yang tidak bisa dipisahkan dengan anak muda ini.

Fokus dan perhatian Irwan terhadap dunia pendidikan tentu bukanlah tanpa sebab, bagi dirinya, pendidikan adalah pondasi utama untuk mempersiapkan generasi masa depan bangsa yang unggul.

Namun ironis memang, kondisi pendidikan tanah air kita, khususnya di sektor literasi masih sungguh memprihatinkan. Minat baca dan akses yang terbatas terhadap bacaan buku berkualitas menjadi kendala utama saat ini, khususnya bagi anak-anak usia produktif di pelosok desa di Kolaka Timur.

Itulah salah satu alasan, mengapa legislator dari Fraksi PPP Koltim ini dari dulu bermimpi ingin mewujudkan perpustakaan desa, khususnya di kampung halaman dirinya saat ini menetap.

Alhamdulillah Tepat tanggal 7 Oktober 2017, Launching Perpustakaan Anak Desa Membaca dan Menulis akhirnya terealiasi. Ini adalah harapan saya sejak dulu bahwa suatu hari nanti saya akan mendirikan perpustakaan Komunitas membaca dan menulis bagi anak-anak di desa,” tutur Irwansyah, Ahad (8/10/2017).

Anak muda yang semasa mahasiswa aktif di HMI ini menuturkan, perpustakaan ini menjadi jembatan bagi anak-anak desa untuk lebih cepat dan lebih gampang menggapai mimpinya.

Launching yang dilaksanakan di Dusun I Lembah Subur Kecamatan Dangia Kabupaten Kolaka Timur ini dihadiri kurang lebih 40 anak desa dan juga dihadiri warga yang ada disekitar tempat acara.

“Ada beberapa alasan saya selaku koordinator mendirikan komunitas membaca dan menulis bagi anak desa yaitu, Pertama, saya berharap anak desa saat ini harus lebih bersemangat membaca dan menulis sehingga mampu berkompetisi ke depan,” jelasnya.

Kedua, lanjut Irwansyah, dirinya tidak ingin ada lagi anak desa yang tidak tau membaca dan putus sekolah apalagi sekolah tanpa cita-cita.

“Ketiga, saya dan teman-teman ingin mengajak kepada masyarakat bahwa tugas mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya anak desa bukan hanya tanggungjawab sekolah formal tetapi kita semua,” jelasnya.

Keempat, ingin memberikan stimulasi positif kepada seluruh desa yang ada di kabupaten Kolaka Timur agar menyiapkan perpustakaan desa bagi anak desa.

Dalam kesempatan itu, hadir juga tokoh muda pendidikan Muhyidin, alias Mohan yang sangat mendukung perpustakaan anak desa membaca dan menulis tersebut.

Perpustakaan ini akan dibina oleh beberapa pemerhati pendidikan yang ada di daerah tersebut.

“Untuk saat ini, jumlah buku masih sangat terbatas, sehingga kalau ada teman-teman atau bapak-bapak yang mau menyumbangkan bukunya bisa menghubungi pembina perpustakaan di nomor 085342941365 atas nama Kiki atau 085228891455 atas nama Irwan,” pungkasnya.

EDUNEWS

Facebook Comments

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2017 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Close