EDUNEWS

Programkan Outing Class, Mahasiswa Sejarah UNMUL Kunjungi Museum Mulawarman Tenggarong

 

KUKER, EDUNEWS.ID-Sebanyak 43 orang mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Mulawarman Kunjungi Museum Mulawarman di Tenggarong Kabupaten Kutai Kertanegara, Sabtu (13/10/2018).

Kunjungan mahasiswa ke Museum Mulawarman ini, merupakan salah satu rangkaian dari program Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sejarah dengan Pengantar Arkeologi.

Hal ini memiliki kaitan erat dengan pembelajaran di kampus. Mengingat, Museum Mulawarman menyimpan banyak koleksi yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa. Baik peninggalan Sejarah Kutai Lama (Hindu), maupun peninggalan Kerajaan Kutai Kertanegara (Islam).

Informasi tersebut disampaikan oleh Aksa, salah seorang Dosen pembimbing yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

“Di Museum ini banyak koleksi peninggalan sejarah Kerajaan Kutai lama (Kutai Ing Martapura) maupun peninggalan Kesultanan Kutai Kertanegara”, Pungkas Aksa.

Selain itu, ia juga menambahkan jika kunjungan mahasiswa ini sebagai bentuk mendekatkan mahasiswa dengan sumber-sumber sejarah yang ada di Tanah Kutai.

“Kita ajak mahasiswa berkunjung ke Museum agar mahasiswa dapat menyaksikan dan mempelajari lebih dekat sumber-sumber sejarah yang ada di Tenggarong, Kutai Kertanegara”, tambah aksa.

Sementara itu, Norhidayat yang juga turut mendampingi mahasiswa, menyampaikan jika kunjungan  ke Museum Mulawarman bukan hanya mengamati koleksi yang ada. Akan tetapi, mencari tahu lebih mendalam mengenai sejarah tiap koleksi serta peninggalan sejarah yang terdapat di Museum.

“Mahasiswa sudah ditugaskan pada masing-masing sumber sejarah yang ada di lingkungan Museum Mulawarman”, tutur Norhidayat.

Selain Dosen Pengampu Mata Kuliah, kegiatan Outing Cllas ini didampingi juga oleh beberapa Dosen lain diantaranya Pak Sainal A (Dosen Pengampu M.K Sejarah Nusantara Masa Pergerakan Nasional) dengan Bu Astrini Eka Putri (Dosen Pengampu M.K Sejarah Nusantara Masa Hindu-Budha).

Kegiatan ini juga, disambut antusias oleh mahasiswa. Hal ini disampaikan oleh Habibi, selaku ketua panitia kegiatan ini.

“Kami senang dengan kegiatan ini, sebab kita dapat mempelajari secara langsung mengenai sejarah Kutai”, ungkap Habibi.

Mahasiswa lain, A. Nurfadillah turut mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap jika kedepan, kegiatan seperti ini terus dilaksanakan agar kita lebih paham tentang sejarah di Tanah Kutai

“Kami harap kedepan kegiatan outing class terus dilaksanakan”, Harap Nurfadillah. (rls/aks)

Facebook Comments

Most Popular

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!