Regulasi

‘Apapun Alasannya, Perploncoan tak Senafas Dengan Hakikat Pendidikan’

JAKARTA, EDUNEWS.id — Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto berharap agar tindakan perploncoan siswa di awal masuk sekolah dapat dihindari oleh siapapun di lingkungan pendidikan.

“Apapun alasannya, perploncoan tak senafas dengan hakikat pendidikan. Tak ada satupun norma penyelenggaraan pendidikan yang membenarkan perploncoan,” kata Susanto di Jakarta, Sabtu (16/7/2016).

Perploncoan di sekolah, kata dia, juga terjadi akibat budaya senioritas di lingkungan pendidikan. Perlu ada pencegahan terjadinya perploncoan jenis ini. Cara pengenalan lingkungan pembelajaran di sekolah bisa dengan cara terbaik dengan menghindari kekerasan.

“Perlu membangun kebersamaan, kerja sama dan kembangkan partisipasi positif antarsiswa, antarkelas, antarangkatan. Kepala sekolah dan guru harus memantau, mendeteksi dan mencegah tradisi senioritas yang dewasa ini masih mengakar di sejumlah lembaga pendidikan,” kata dia.

Baca juga :  Waduh, SMA Negeri Ini Wajibkan Siswa Baru Beli Seragam Sekolah

Dia juga mengharapkan setiap pemangku kepentingan pendidikan tidak menggunakan pendekatan-pendekatan negatif dalam melaksanakan awal kegiatan belajar dan mengajar. “Awal masuk sekolah harus disambut dengan kalimat positif, agar anak tumbuh semangat belajar, etos belajar dan menikmati iklim sekolah yang menyenangkan. Hindari pertanyaan yang membuat anak tidak nyaman, misalnya ‘masa gitu aja tidak bisa?’, ‘habis liburan hitam banget sih kamu’ dan kalimat-kalimat negatif lainnya,” kata dia.

Siswa, kata dia, harus dipicu kepercayaan dirinya, bukan sebaliknya dengan menakut-nakuti yang berpotensi melemahkan gairah belajar mereka. Contoh kalimat bermuatan negatif untuk siswa seperti, “sekarang kamu sudah naik kelas, pelajarannya berat lho!”.

“Ganti dengan kalimat positif yang menyamankan semua anak, bukan membebani secara psikis,” kata dia.

Baca juga :  Menteri Anies : Perpeloncoan Saat MOS Itu Sisa Kolonialisme

[Ant]

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com