Regulasi

Di Demo Guru Honorer, Begini Kata Pemprov Kaltim

SAMARINDA, EDUNEWS.ID – Momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei diwarnai aksi demonstrasi para pengajar honorer dan PNS di Benua Etam. Sebanyak 3.543 tenaga pendidik SMK dan SMA negeri se-Kaltim protes lantaran gaji mereka tak kunjung dibayar sejak awal tahun.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kaltim Fadliansyah mengatakan, menghitung anggaran tidak semudah dan bisa dilakukan mendadak. Ada prosedur dan persiapan matang.

“Ada Rp 340 miliar dana pendidikan yang akan dicairkan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim. Di situ termasuk TPP PNS, beasiswa, bosda, dan anggaran pendidikan lainnya,” papar dia.

Dia menjanjikan tanggal 19 Mei anggaran tersebut sudah bisa dicairkan. Protes belum dibayarnya gaji guru honorer sebenarnya sudah sejak awal tahun. Pada Selasa (14/3/2017), perwakilan Forsa PTKH Kaltim mengadu atas persoalan tersebut ke DPRD Kaltim.

Baca juga :  1.109 Guru di Majalengka Resmi Pindah ke Provinsi Jabar
Advertisement

Mereka diterima Ketua DPRD Kaltim M Syahrun HS dan Ketua Fraksi PKB DPRD Kaltim Syafruddin di ruang kerja ketua dewan.

Dari hitung-hitungan pemprov, total anggaran yang disediakan untuk 2.437 guru non-PNS dan 1.088 tenaga kependidikan dalam sebulan menerima Rp 1,5 juta, yakni Rp 63,45 miliar.

“Kami berharap minimal sama dengan UMP (upah minimum provinsi),” jelasnya.

Diketahui, UMP Kaltim 2017 yang diteken Gubernur Awang Faroek Ishak sebesar Rp 2,33 juta. Dengan demikian, ada selisih Rp 830 ribu dengan honor yang diberikan kepada PTKH.

Bila pemprov mengabulkan tuntutan penyesuaian honor setara UMP, maka dibutuhkan dana tambahan untuk dialokasikan dalam APBD, yakni sebanyak Rp 29,25 miliar.

“Tiga bulan ini honor kami belum cair. Teman-teman teknisi (ujian nasional berbasis komputer) sampai mengancam mogok kerja kalau akhir Maret ini enggak cair,” ungkapnya.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com