Pendidikan

Fadli Zon : Perlu Terobosan pada Industri Perbukuan

Wakil Ketua DPR Fadli Zon saat menerima perwakilan pengurus Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (24/5/2017).

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, perlu ada terobosan pada industri perbukuan, khususnya buku konvensional atau buku cetak. Terobosan yang dimaksud untuk memudahkan penerbit buku selaku produsen dan masyarakat yang ingin mendapatkan buku.

“Meskipun sudah ada e-book dan digital book, peran dari buku cetak masih sangat besar. Sehingga perlu ada beberapa terobosan,” kata Fadli saat menerima perwakilan pengurus Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Di sisi yang sama, politikus asal Partai Gerindra itu memberikan apresiasi kepada Pemerintah, khususnya PT Pos Indonesia yang telah memberikan fasilitas pengiriman buku ke sejumlah daerah. Hal ini sebagai salah satu cara menghadapi tantangan terhadap distribusi perbukuan.

Baca juga :  Selalu Impor, Kedaulatan Pangan Dipertanyakan

Fadli pun berharap, Undang Undang Sistem Perbukuan (UU Sisbuk) yang telah disahkan oleh DPR pada akhir April lalu, dapat meningkatkan literasi masyarakat Indonesia. Kegiatan seputar perbukuan pun diharapkan dapat meningkatkan upaya itu.

“Kami berharap melalui berbagai pameran buku, bedah buku, maupun diskusi buku dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap buku, dan meningkatkan literasi kita,” imbuh Fadli.

Politisi asal dapil Jawa Barat itu pun mengapresiasi peran Ikapi yang menghimpun banyak penerbit di seluruh Indonesia, dan menjalankan peran penting dan garda terdepan dalam persoalan literasi.

EDUNEWS.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com