Regulasi

Full Day School, Muhadjir : Semua Kayak Pakar, Saya Dimaki-maki

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tentang full day school masih menuai pro dan kontra. Netizen kerap berkomentar kasar di internet terkait dengan kebijakan tersebut, Mendikbud Muhadjir Effendy mengaku kesal karena tidak ada yang berusaha mengklarifikasi, malah terus memojokkannya,

“Saya ‘dibully’ macam-macam. Dicaci maki. Saya kaget, semuanya seakan menjadi pakar pendidikan dari penyanyi sampai pelawak,” ujar Muhadjir usai peletakan batu pertama gedung SMP dan SMA Global Sevilla di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Padahal, seperti diberitakan Kantor Berita Antara, Presiden Joko Widodo sudah setuju, akan dilakukan reformasi sekolah mulai dari peranan kepala sekolah hingga jam mengajar guru.

Baca juga :  Kemendikbud Segera Renovasi Sekolah Rusak di Bima

“Selama ini, terutama di daerah lama mengajar di sekolah hanya empat hingga enam jam dan dilakukan dua sif atau pergantian kelas. Namun guru yang mengajar tetap sama dan mendapat lemburan. Padahal idealnya, delapan jam,” ujarnya.

“Ini soal mental guru, ini yang akan kita ubah karena dikhawatirkan nanti mengganggu rencana besar Pak Jokowi dalam revolusi mental,” tegas dia.

Untuk tingkat pendidikan dasar yakni SD dan SMP, pendidikan karakter diperkuat. Hal itu sejalan dengan gagasan Bang Karno mengenai pendidikan karakter dalam membangun nasionalisme dan membangun bangsa.

“Saya mencoba menerapkan apa yang tertuang dalam Nawa Cita mengenai pendidikan karakter. Kami menetapkan 70 persen materi dari pendidikan dasar itu adalah pendidkan karakter. Hanya 30 persen saja pengetahuan,” papar dia.

Baca juga :  Mendikbud Nilai UU Guru dan Dosen Belum Dijabarkan Secara Rinci

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com