Regulasi

Guru yang tak Lulus Wajib UKG Ulang

DEPOK, EDUNEWS.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum lama ini telah mengumumkan secara nasional ada sekitar 41.218 pengajar yang tidak lulus uji kompetensi guru (UKG) 2016.

Mereka diharuskan untuk mengikuti UKG ulang pada 25-29 April mendatang. Sementara itu, guna untuk memudahkan proses UKG ulang di Kota Depok, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok akan dibagi ke dalam per zona.

Kepala Disdik Kota Depok Mohammad Thamrin mengatakan, tempat bisa disentralkan di salah satu sekolah atau di salah satu kecamatan (UPT), sehingga bisa terpantau Disdik.

“Misalnya wilayah kecamatan A jumlah gurunya berapa orang yang mengikuti tes ulang UKG ini, kemudian Disdik juga bisa memantau kesiapan lulus tidaknya seperti apa,” ujar Thamrin.

Baca juga :  Sarjana dan Bersertifikat Pendidikan jadi Syarat Pengangkatan Guru PNS

Thamrin berharap, dengan adanya pemantauan per zona di UPT datanya bisa lebih akurat. Tetapi, sebelum pelaksanaan ujian harus dibuat pertemuan untuk melakukan pelatihan persiapan setiap zona. Sehingga para guru sudah ada uji coba sebelum UKG.

“Sebetulnya guru juga sebelum ujian harus mempelajari dulu, soalnya berkisar dari itu saja. Hanya mungkin, karena sering lupa atau lain hal, dari soal tersebut kadang kala suka diubah bentuk soalnya,” tutur Thamrin.

EDUNEWS,ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com