Regulasi

Implementasi UU Perpustakaan Dinilai Belum Efektif

WAKIL KETUA KOMISI X DPR RI SUTAN ADIL HENDRA

MEDAN, EDUNEWS.ID – Sejak disahkan 9 tahun yang lalu, implementasi UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang belum berjalan baik. Implementasi terhadap UU tersebut belum sepenuhnya dipahami oleh para pemangku kepentingan.

“Artinya bahwa teman-teman pemangku kepentingan belum memahami bahwa PP nya sudah ada. Untuk itu agar ke depan implementasi dari UU Nomor 43 Tahun 2007 ini berjalan dengan baik perlu dilakukan sosialisasi. Tugas yang paling utama itu adalah koordinasi. Sebenarnya UU ini kan sudah disahkan 9 tahun yang lalu, seharusnya sekarang ini sudah di tahap implementasi dan sudah melakukan suatu langkah-langkah kemajuan,” ujar Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra saat memimpin Kunjungan Spesifik Komisi X DPR ke Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Utara, Jumat (9/12/2016).

Baca juga :  Pembangunan Sekolah Perempuan Belum Perlu

Sutan itu menjelaskan empat hal yang menjadi aspek terciptanya implementasi yang baik, yaitu informasi yang komprehensif, koordinasi yang baik, komitmen yang tinggi dan konsistensi. Dengan empat hal tersebut bukan mustahil implementasi UU tersebut  akan berjalan lebih optimal. Namun hal itu akan sulit dilakukan jika di dalam mindset berpikir, perpustakaan sendiri masih menjadi hal yang tidak menarik.

“Saya harapkan mindset berpikir teman-teman terutama di kalangan pendidikan, permasalahan perpustakaan ini harus menjadi skala prioritas. Jika kita ingin bangsa kita mempunyai standar ilmu pengetahuan yang setara dengan negara-negara maju, perpustakaan inilah salah satunya yang sangat menentukan ke depan bagaimana perjalanan bangsa kita,” ungkap politisi asal dapil Jambi itu.

Baca juga :  Pemerintah Segera Hapus Peraturan Guru Mengajar 24 Jam

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!