Kampus

Kemenristekdikti akan Naikkan Jumlah Nominal Beasiswa Bidikmisi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan menaikkan nominal beasiswa bidikmisi. Kenaikan nominal rencananya menyasar anggaran biaya hidup mahasiswa.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir mengatakan pihaknya saat ini sedang memperhitungkan kemungkinan kenaikan nilai beasiswa bidikmisi.

“Kita hitung bisa atau tidak nominal bidikmisi kita naikkan. Jika belum bisa menggunakan anggaran yang sudah ada, maka mungkin bisa diusulkan lewat anggaran negara. Atau, kami akan menggeser alokasi anggaran lain untuk keperluan beasiswa bidikmisi,” ujar Nasir di Gorontalo, kemarin (10/11/2016).

Saat ini, nominal beasiswa bidikmisi yang diterima setiap mahasiswa sebesar Rp 1 juta. Dana ini dialoksikan bagi dua kebutuhan, yakni biaya kuliah sebesar Rp 400 ribu dan Rp 600 ribu untuk biaya hidup.

Baca juga :  DPR Minta Pemerintah Jangan Paksakan Sekolah Lima Hari
Advertisement

Kenaikan besaran bidikmisi nantinya menyasar alokasi biaya hidup mahasiswa. Kenaikan ini dinilai penting mengingat setiap tahun ada kemungkinan kenaikan harga kebutuhan pokok.

Pertimbangan lainnya adalah melihat hasil belajar para mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi yang mayoritas berprestasi baik. Dengan biaya hidup yang tidak banyak, mahasiswa sudah bisa membuktikan komitmen mereka dalam belajar.

“Jumlah bantuan yang mereka terima tidak terlalu besar, tetapi prestasi mereka luar bagus. Banyak yang memperoleh IPK di atas 3,5. Melihat potensi ini, tentu para mahasiswa itu perlu terus didukung,” tambahnya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com