Kampus

Kemenristekdikti : Uang Kuliah Kedokteran Maksimal Rp 25 juta per Semester

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menetapkan, uang kuliah pendidikan dokter maksimal Rp 25 juta. Pembatasan ini diatur dalam skema uang kuliah tunggal (UKT).

Menristekdikti, M Nasir menjelaskan di dalam skema UKT penetapan SPP ada beberapa jenjang. Dia menegaskan untuk SPP pendidikan dokter, kelompok SPP terentang mulai Rp 0 sampai Rp 25 juta per semester.

“Ini sudah biaya all in. Tidak ada lagi biaya lain seperti uang pangkal atau biaya sejenis lainnya,” katanya di Jakarta, Jum’at (24/3/2017).

Nasir mengatakan Kemenrsitekdikti telah menghitung unit cost kuliah calon dokter. Dari hasil penghitungan itu ditemukan unit cost atau biaya kuliah tunggal pendidikan dokter adalah Rp 12.694.000 per semester.

Baca juga :  Banyak Sarpras Pendidikan Rusak, Panja Komisi X akan Rekomendasi DAK

Dengan sistem subsidi silang, maka ketemu angka SPP kuliah dokter paling mahal adalah Rp 25 juta. Nasir menjelaskan biaya operasional kuliah kedokteran memang lebih mahal. Sebab membutuhkan wahana pendidikan yang berkualitas.

Advertisement

Mulai dari dosen, sarana dan prasarana pendidikan, sampai rumah sakit pendidikan. Kemudan juga ada kebutuhan tempat penelitian yang sesuai dengan standar pendidikan profesi dokter (SPPD) dan standar kompetendi dokter Indonesia (SKDI).

“Dengan segala kebutuhan itu, dibutuhkan biaya yang besar untuk pendidikan kedoktan di Fakultas Kedokteran,” katanya.

Meskipun begitu Nasir menegaskan pemerintah tetap memperhatikan calon dokter dari keluarga miskin. Pemerintah menjamin memberikan beasiswa bidik misi bagi warga miskin berprestasi yang ingin mengambil jurusan pendidikan dokter.

Nasir mengatakan alokasi beasiswa untuk orang miskin ini juga terbuka untuk kuliah dokter.

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com