Regulasi

Mendikbud ‘Legowo’ Jika Moratorium UN Dibatalkan

MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (MENDIKBUD) MUHADJIR EFFENDI

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memastikan Presiden Joko Widodo belum mengambil keputusan terkait moratorium Ujian Nasional (UN). Penolakan yang disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla merupakan pandangan pribadi setelah mengikuti rapat kabinet paripurna.

Muhadjir menegaskan, Jokowi baru akan mengambil keputusan setelah memimpin rapat kabinet terbatas yang kemungkinan digelar pekan depan.

“Karena Pak Wapres yang sampaikan, nanti kita tunggu tindak lanjutnya. Kami masih tunggu formalnya (keputusan pemerintah) dalam rapat kabinet terbatas,” ucap Muhadjir, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Muhadjir mengatakan, dalam rapat kabinet paripurna beberapa waktu lalu, Presiden belum memberikan masukan dan keputusan. Presiden hanya meminta Mendikbud mendalami kajian wacana moratorium UN. Kendati demikian, Muhadjir optimistis mendapat dukungan dari Jokowi.

Baca juga :  Berikut Alasan Ma'ruf Amin Dampingi Jokowi

“Pasti (ingin disetujui). Itu sudah diusulkan tapi saya kan pembantu Presiden. Saya terserah Presiden,” katanya.

Muhadjir tak mempermasalahkan apa pun keputusan resmi pemerintah. Menurut dia, pendalaman yang diminta Presiden akan menjadi materi yang dibahas dalam rapat kabinet terbatas.

“Jadi, kemarin itu bukan rapat terbatas tapi rapat kabinet paripurna. Tak ada masukan,” ujarnya.

Muhadjir akan bersikap profesional dalam mengawal wacana moratorium itu.

“Biasa, ada yang setuju dan tidak. Saya tidak dalam kapasitas siapa yang dukung dan tidak. Saya profesional saja. Komisi X mayoritas sudah oke, lalu diajukan ke Presiden, lalu rapat paripurna, lalu kesimpulan sementara dari wapres itu ditolak tapi nanti masih ada tindak lanjut rapat kabinet terbatas. Kalau memang moratorium UN, kami persiapkan. Kalau keputusannya tidak, ya nanti lah (dibahas kembali),” ucapnya.

Baca juga :  Jokowi Masuk 20 Besar Muslim Berpengaruh di Dunia

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!