Regulasi

Penyebaran Dokter Spesialis tidak Merata jadi Permasalahan Besar

Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf

SURABAYA, EDUNEWS.ID – Distribusi dokter spesialis yang kurang merata di daerah-daerah adalah permasalahan besar. Penempatan dokter spesialis terbesar berada di Jawa Barat sebanyak 9.000 dokter, disusul Jawa Timur sebanyak 6.000 dokter, dan Jawa Tengah sebanyak 5.000 dokter.

Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf mengatakan, di daerah-daerah seperti Papua dan NTT jumlah dokter spesialisnya sangat kurang.

“Hal terpentingnya adalah distribusi dokter spesialis ke daerah yang membutuhkan. Inilah kenapa pemerintah harus melakukan intervensi. Program inilah yang kemudian turun menjadi Peraturan Presiden (Perpres) No 4 Tahun 2017 tentang Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS),” jelas Dede usai pertemuan di Universitas Airlangga, Surabaya, Jum’at (24/3/2017).

Baca juga :  Hasil Tes Kesehatan harus Dilampirkan saat PPDB SMK

Oleh karena itu, lanjutnya, guna menyaring aspirasi para pemangku pendidikan dan pemangku kebijakan kesehatan di daerah terkait aspek dalam pelaksanaan program WKDS, Komisi IX berkunjung ke Universitas Sumatera Utara, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Airlangga.

Sebab, kata Dede, tidak dipungkiri, pihaknya sering menerima komplain mengenai pola penempatan WKDS di seluruh wilayah di indonesia.

EDUNEWS.ID

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com