Regulasi

PPDB 2017, Ada Diskriminasi Antara SMA dan SMK?

 

 

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menerapkan aturan baru dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA dan SMK tahun 2017 ini. Aturan baru tersebut dilakukan seiring alih kewenangan jenjang pendidikan menengah dari daerah ke provinsi.

Dalam PPDB tingkat SMK, peserta yang ingin mendaftar bebas mengakses pilihan bahkan bisa lintas wilayah dengan jurusan berbeda ataupun sama.

“Misalnya pendaftar SMK dari Gunungkidul mendaftar pilihan pertama sekolah di Gunungkidul, kemudian pilihan kedua sekolah di Bantul, itu bisa dilakukan. Begitu juga misalnya pendaftar dari Gunungkidul memilih semua dua pilihan SMK di sana semua dengan jurusan yang berbeda atau memilih satu SMK dalam satu wilayah juga dengan jurusan yang berbeda itu bisa juga,” jelas Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji sekaligus Ketua PGRI DIY itu, Selasa (30/5/2017)

Baca juga :  Pendaftaran PPDB MAN IC Bisa Lewat Dua Jalur
Advertisement

Disdikpora, jelas Baskara Aji, tidak bermaksud melakukan diskriminasi dalam PPDB antara SMA dan SMK. Dia memiliki alasan kuat untuk PPDB diberikan kebebasan lintas wilayah dalam memilih sekolah.

“Mengapa SMK boleh mendaftar antar kabupaten? Karena jurusan tertentu itu dalam satu kabupaten itu belum tentu ada dua,” jelasnya.

Hanya saja, di PPDB jenjang SMK juga hanya dibatasi dua pilihan, tidak seperti SMA yang bisa tiga pilihan. Pasanya dalam PPDB jenjang SMK ada sejumlah persyaratan-persyaratan dalam penjurusan.

“Jadi kalau diberikan kesempatan tiga pilihan maka tesnya harus tiga kali. Itu malah repot bagi pendaftar,” imbuhnya.

Adapun proses pendaftarandan seleksi PPDB akan berlangsung awal Juli nanti. Untuk PPDB tahun ini tidak ada kuota untuk siswa dari luar daerah.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com