Regulasi

PPDB Siantar Bermasalah, Kejari Diminta Turun Tangan

Armaya Natsir Siregar, Pengamat Pendidikan Yang Juga Mantan Ketua Dewan Pendidikan Kota Pematangsiantar

SIANTAR, EDUNEWS.ID –  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Siantar untuk tahun ajaran 2016/2017 diketahui bermasalah. Diantaranya SMAN 3 Siantar yang menerima 12 peserta didik baru yang tidak melalui jalur PPDB.

Salah seorang orang tua siswa, Aprillo Fernando Siahaan mengatakan, untuk bisa masuk ke sekolah tersebut Ia harus merogoh kocek sebesar Rp 4 juta.

Selain di SMAN 3 Siantar, SMAN 6 Siantar juga melakukan penambahan siswa baru yang sangat signifikan sebanyak 419 orang atau bertambah 59 orang. Padahal, dalam petunjuk teknis (Juknis) PPDB telah diatur bahwa sekolah tersebut hanya diperbolehkan menerima sebanyak 360 siswa/siswi baru.

Terkait hal tersebut, Pengamat Pendidikan Kota Siantar, Natsir Armaya Siregar menjelaskan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Pematangsiantar bisa mengusut dan menindak dugaan adanya permainan uang untuk masuk ke sekolah tersebut.

Baca juga :  Masa Ta'aruf, Unisba Akan Pecat Panitia Yang Melakukan Kekerasan

“Kalau memang ada permainan uang, jaksa harus mengusut hal itu. Ini harus ditindak. Jangan kotori dunia pendidikan dengan korupsi. Kalau ada indikasi korupsi, jaksa bisa menindaknya. Apalagi ada yang ekonominya lemah tidak bisa masuk ke sekolah itu,” kata Armaya, Jumat (7/10/2016).

Natsir menambahkan, bahwa Ia pernah meminta kepada Walikota agar proses seleksi PPDB bukan dengan tes, melainkan dari jumlah nilai Ujian Nasional (UN). Selain itu, siswa-siswa yang diluar kuota resmi tersebut juga mendapatkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

“Apabila ada siswa siluman yang mendapatkan NISN, bisa diduga ada permainan. Seharusnya, dari dulu Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan langsung mengambil tindakan. Sekarang, mana ada lagi kewenangan Kadis Pendidikan karena untuk SMA sudah diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov),” terang Armaya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com