Kampus

Tahun depan, LPDP dapat Suntikan Anggaran Rp 10 triliun

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Tahun depan pemerintah akan menyuntikkan dana sebesar Rp 10 triliun untuk dana abadi pendidikan yang dikelola Lembaga Dana Pengelola Pendidikan (LPDP).

Jumlah tersebut meningkat empat kali lipat dari dana yang dialokasikan tahun ini yang hanya sebesar Rp 2,5 triliun. Jika rencana tersebut terealisasi, maka dana abadi pendidikan LPDP 2018 akan mencapai Rp 31,6 triliun.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir mengatakan, rencana tambahan dana abadi LPDP itu sudah dibahas dalam rapat kabinet paripurna bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 4 April 2017.

“(Peningkatannya) dana yang disuntikkan memang signifikan. Itu karena pemerintah ingin mendorong dunia pendidikan tinggi semakin berkualitas sehingga sumber daya manusianya memiliki daya saing global,” ucap Nasir.

Baca juga :  Nasir Minta Pelaku Bullying Ditindak

Dana abadi LPDP pertama kali bergulir pada 2012. Alokasinya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN). Pada tahun pertama, dana abadi yang dikelola LPDP hanya sebesar Rp 1 triliun.

Namun, setiap tahun pemerintah terus menyuntikan dana meskipun dengan nominal bervariasi. Pada 2016, dana yang disuntikkan sebesar Rp 5 triliun. Sedangkan pada 2017 turun menjadi Rp 2,5 triliun. Nasir menjelaskan, dana abadi ini merupakan program jangka panjang pemerintah dalam mengelola Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN).

“Realisasinya nanti seperti apa, itu tergantung perhitungan dari menteri keuangan,” ucapnya.

Pengalokasian dana pendidikan nasional telah diatur dalam UUD 1945, yakni sebesar 20 persen dari APBN. Merujuk pada kewajiban tersebut, dalam APBN 2017 yang mencapai Rp 2.200 triliun, dana untuk sektor pendidikan mencapai Rp 416 triliun.

Baca juga :  Gencarkan Jargon "SMK BISA" , Komisi X : Pemerintah Harus Segera Mewujudkan

Dari Rp 416 triliun tersebut, pemerintah menyisihkan dana Rp 2,5 triliun untuk disuntikan pada dana abadi pendidikan yang dikelola LPDP.

“Harapannya mahasiswa yang mendapat beasiswa LPDP terus meningkat, baik untuk beasiswa luar negeri maupun dalam negeri,” kata Nasir.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com