Kampus

Tak Daftar Ulang SNMPTN, Sekolah akan Dievaluasi

SURABAYA, EDUNEWS.ID – Daftar ulang seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) saat ini sudah dimulai secara online melalui laman masing-masing PTN. Peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN harus melakukan daftar ulang. Jika tidak, pihak kampus segera mengevaluasi sekolah.

Wakil Kepala Humas SMAN 21 Sri Mulyaningsih mengungkapkan, sepanjang seleksi penerimaan mahasiswa baru berlangsung, dirinya bersyukur tidak ada siswanya yang mengundurkan diri.

Namun, jika ada siswanya yang ingin mengundurkan diri dari seleksi SNM PTN tahun ini, dia mengimbau untuk melapor kepada panitia SNM PTN. Mul, sapaannya, mengatakan, sekolah akan ikut memantau proses daftar ulang siswa.

Sebab, SNM PTN merupakan proses seleksi yang sejak awal melibatkan sekolah. Yakni, berkaitan dengan nilai rapor. Karena itu, jika siswanya ada yang ingin mengundurkan diri, pihak sekolah akan memanggil kedua orang tua lebih dulu.

Baca juga :  Sedih, Dua Bersaudara ini Jualan Tisu untuk Biaya Sekolah

“Orang tua juga ikut bertanggung jawab,” tuturnya.

Alasan pengunduran diri yang disampaikan harus jelas. Orang tua harus menyampaikan kepada kepala sekolah dan menemui panitia SNM PTN.

“Istilahnya, mengundurkan diri dengan hormat,” ungkapnya.

Melalui pengunduran diri itu, pihak kampus akan mendapat kejelasan. Selain itu, pihak sekolah tidak mendapat sanksi. Sebab, pihak PTN sudah membuat kebijakan.

Jika peserta dari suatu sekolah banyak yang tidak melakukan daftar ulang, sekolah tersebut bisa dievaluasi. Ibaratnya, peserta sudah diterima dan mendapat bangku di kampus tetapi tidak didatangi.

Evaluasi itu bisa berdampak pada penerimaan peserta SNM PTN di tahun-tahun berikutnya. Yakni, terjadi pengurangan kuota pada prodi yang bersangkutan.

Baca juga :  Kemendikbud Kucurkan Rp 19,8 miliar untuk 220 Sekolah

“Ibaratnya, ini pilihanmu, jangan melarikan diri,” tegasnya.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com