Regulasi

USBN akan Diterapkan untuk Semua Mata Pelajaran

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ujian sekolah berstandar nasional (USBN) akan diterapkan pada semua mata pelajaran dan dilengkapi dengan materi soal berupa uraian (esai). Model ujian tersebut yang secara garis besar membedakannya dengan ujian nasional (UN).

Selama ini, materi soal UN hanya berupa pilihan ganda dan untuk beberapa mata pelajaran saja. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan, USBN akan menjadi model pengganti UN dan mulai diterapkan paling cepat pada tahun ajaran 2017.

Menurut dia, 75 persen materi soal USBN untuk SMA/SMK diserahkan kepada pemerintah provinsi, sedangkan untuk SD dan SMP kepada pemerintah kota/kabupaten.

Pelibatan pemerintah daerah dalam membuat materi soal USBN itu berdasarkan pada semangat desentralisasi otonomi daerah. Kemendikbud berusaha mengimplementasikan visi Nawa Cita dari Presiden RI, Joko Widodo, yang pada intinya ingin mewujudkan pendidikan berkarakter yang bernafaskan muatan lokal. Sebanyak 25 persen materi soal dari pemerintah digunakan sebagai indikator standar nasional.

Baca juga :  Dana BOS Dipakai Bayar Pinjaman, ini Penjelasan Dewan Pendidikan

“Jadi ujian model baru ini harus tetap ada standar nasionalnya yang akan diawasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dan Kemendikbud. Soal bentuk esai ini untuk menggali kemampuan siswa agar berlatih berpikir kritis. Selama ini kan dalam UN tidak ada esai. Soal sisipan dari pemerintah pusat tak akan berbeda-beda di setiap daerah. Wong namanya standar nasional, masa dibeda beda,” ujar Muhadjir usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Ia menyatakan, persiapan USBN sudah mencapai 70 persen. Kemendikbud tinggal menunggu restu dari Presiden Joko Widodo yang kemungkinan akan diputuskan pada pekan depan, setelah menggelar rapat terbatas.

Baca juga :  Presiden Jokowi Batalkan Moratorium UN

 

Sumber : Pikiran Rakyat

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com