Regulasi

UU Sisbuk Perjelas Kewenangan Kementerian

DIDirektur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama M Nur Kholis

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pemerintah bersama DPR RI menyetujui ditetapkannya Rancangan Undang-Undang (RUU) Sistem Perbukuan menjadi Undang-Undang (UU) Sistem Perbukuan. Penetapan tersebut dilakukan pada Rapat Pembahasan Tingkat II atau Paripurna, di Gedung DPR RI, Jakarta, belum lama ini.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan mengatakan ini menjadi selangkah lebih maju dalam konteks kewenangan Kementerian Agama untuk menangani buku-buku agama dan keagamaan.

Tentu dalam artian makro, tidak hanya buku-buku agama Islam, tetapi juga buku-buku agama lain Kristen, Katolik, Budha, Hindu, Konghuchu. Ia menilai, posisi Kemenag dalam UU Sisbuk ini menjadi jelas dengan adanya kewenangan yang dimiliknya.

Baca juga :  Satu Universitas Ditargetkan Miliki Satu Jurnal Internasional

Menurutnya, khusus untuk Ditjen Pendidikan Islam, sejauh ini buku-buku Buku buku pendidikan agama Islam di sekolah selama ini yang menerbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemdikbud, selalu ketika ada masalah baik di sekolah, lalu masyarakat menuding seolah-olah Kemenag yang bersalah.

Advertisement

“Sekarang sudah jelas (clear), tapi sudahlah itu masa lalu, dan sekarang sudah tegas, Kemdikbud hanya mengurusi buku-buku yang terkait pelajaran selain agama dan keagamaan,” jelas Nur Kholis, Senin (1/5/2017).

Nur Kholis menjelasnkan, kontrol terhadap substansi, terhadap mekanisme, penerbitan, distribusi dan lainnya terkait buku ajar dan buku pengayaan menjadi wilayah Kemendikbud, itu untuk yang non agama dan keagamaan.

“Kalau kita (Kemenag) karena sudah disebut dalam undang-undang, tentu harus siap-siap tugas yang bertambah sekarang,” urai Nur Kholis.

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com