SEKOLAH

Ini Penyebab Yogyakarta Langganan Raih Nilai Kejujuran UN Tertinggi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Provinsi DI Yogyakarta kembali meraih nilai Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) tertinggi di Indonesia. IIUN tingkat SMP di provinsi tersebut pada tahun ini mencapai 82,98.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengungkapkan, sistem pendidikan yang membuat Yogyakarta selalu memperoleh nilai tertinggi.

“Contohnya Yogyakarta, sekolah yang nilainya bagus selalu diupayakan untuk memberikan pembinaan bagi sekolah yang nilainya kurang. Oleh karena itu, setiap tahun sekolah-sekolah yang tadinya nilainya rendah pun berubah,” kata Alumnus Universitas Gajah Mada (UGM) ini.

Hal inilah yang dianggap menjadi penyebab Yogyakarta acap mendapatkan nilai terbaik.

Selain Yogyakarta, posisi IIUN tertinggi berikutnya diraih oleh Provinsi Jakarta. DKI Jakarta memperoleh nilai IIUN SMP/sederajat sebesar 82,15. Selanjutnya Provinsi Bangka Belitung dengan nilai 81,25 dan angka 80,77 untuk Jawa Tengah. Jawa Barat dan Bengkulu memperoleh nilai IIUN sebesar 80,43 dan 79,97.

Baca juga :  UGM Luncurkan Pusat Inovasi Digital pada Acara Dies Natalis

Total peserta didik yang mengikuti UN SMP sebanyak 4.372.872 siswa. Jumlah ini berasal dari 60.067 satuan pendidikan yang menyelenggarakan UN kali ini. Dari total ini, hanya 977 satuan pendidikan yang mengikuti UN Berbasis Komputer (UNBK) dengan peserta sebesar 156.320 siswa.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!