SEKOLAH

Lulusan SMK Farmasi Jabar Belum Dapatkan STRTTK

BANDUNG, EDUNEWS.ID – Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Farmasi tahun 2015 belum mendapatkan Surat Tandan Regestrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK). Ribuan kelulusan SMK Farmasi di Jawa Barat tersebut tentu sangat memprihatinkan, karena STRTTK sangat di butuhkan oleh para siswa untuk bekerja sebagai asisten tenaga kesehatan. Demikian hal itu disampaikan Arwan Yunianto S.SI,APT, ketua asosiasi SMK Farmasi Jawa Barat kepada komisi V DPRD Jabar.

“Jumlah totalnya ada sekitar 7000 lebih lulusan SMK Farmasi tahun 2015 yang belum mendapatkan STRTTK di seluruh Jawa Barat,” ujar Arwan.

Kami berharap, lanjut Arwan, pemerintah segera mengeluarkan STRTTK karena sangat di perlukan oleh para siswa lulusan dari SMK Farmasi.

Baca juga :  Kewenangan Kelola SMA/SMK Diambil Pemprov, Pemko Samarinda Pastikan Alokasi Dana Tak Terganggu

“Kalau payung hukumnya sudah ada UU no 36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan, tinggal kami menunggu surat Peraturan Kementrian Kesehatan (Permenkes),” tambahnya.

Walaupun,lanjutnya, dalam UU itu disebutkan minimal pendidikan untuk tenaga kesehatan Diploma III (D III), namun masa lulusan SMK Farmasi tidak bisa bekerja.

“Kita tinggal tunggu regulasi dari pemerintah, katanya sih tahun 2016 ini akan turun Surat Permenkes isinya seperti apa,” tutup Arwan.

Terpisah, Salah seorang anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat yang membidangi pendidikan, Rustandie SH, membenarkan bahwa Asosiasi Sekolah Farmasi mengadu ke DPRD Provinsi akibat para siswa yang lulus dari SMK Farmasi tahun2015, tidak mendapatkan STRTK.

“Aspirasinya kita tampung, kemudian kita sampaikan ke Kementrian Kesehatan tentang kondisi para lulusan SMK Farmasi yang belum mendapatkan STRTTK. Jumlahnya untuk Jawa Barat sendiri mencapai ribuan orang,” ujar Rustandie.

Baca juga :  Mendikbud Minta Sekolah Terapkan Pendidikan Karakter

“Katanya sih tahun ini mau mengeluarkan Peraturan kementrian kesehatan tentang hal itu, mudah-mudahan saja regulasinya tidak tumpang tindih,” tambah Rustandie.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!