SEKOLAH

Pemprov Sumsel Luncurkan Lima Sekolah Model di Palembang

LPMP Sumatera Selatan melaunching lima sekolah model di Palembang yang dipusatkan di SMKN 5

PALEMBANG, EDUNEWS.ID – Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumatera Selatan secara resmi me-launching lima sekolah model di Kota Palembang. Program sekolah model sendiri merupakan salah satu fasilitasi yang dilakukan LPMP dalam meningkatan mutu pendidikan.

Kepala LPMP Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Dr H Yaswardi MSi mengatakan, lima sekolah yang ditunjuk, yakni SDN 25, SDN 149, SMPN 4, SMAN 4, dan SMKN 5.

“Ini wujud pengembangan agar menghasilkan peningkatan kualitas pendidikan terbaik di sekolah,” ujarnya.

Ia menegaskan, sekolah yang dipilih bukanlah sekolah terbaik, melainkan sekolah yang memiliki komitmen kuat untuk membangun budaya mutu di sekolah. Sebelumnya sekolah tersebut telah melewati proses seleksi dengan kriteria minimal akreditasi B.

Baca juga :  Kompetensi TKI Tak Diakui, Pemerintah Siapkan Sertifikasi Pendidikan Nonformal

“Selain akreditasi, alasan kita menunjuk sekolah tersebut menjadi model, yakni komitmen kepala sekolah, lingkungan sekolah (nyaman, hijau, karakter),” terangnya.

Lebih jauh dijelaskan, LPMP memfasilitasi 85 sekolah di Sumsel yang ditunjuk sebagai sekolah model. Nantinya sekolah model ini akan diberikan suntikan dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk mengembangkan sekolah model sesuai tujuan awal.

“Sekolah model menyangkut semua hal di sekolah. Salah satunya yakni implementasi dalam penyusunan dokumen sekolah, penyedia tim penjamin mutu, dan peningkatan penguasan IT di kalangan tenaga pendidik sekolah,” ucapnya lagi.

Jika nantinya ini berjalan baik dan mampu saling berkesinambungan, pihaknya menargetkan sekolah model ini mampu mengimbaskan ke 25 sekolah lainnya.

Baca juga :  Muhammad Nasir Sukses Nakhodai SMP 7 Makassar

“Dengan harapan, akan banyak sekolah model yang terbentuk,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang, Ahmad Zulinto SPd MM mengatakan, sekolah model yang dimaksud LPMP sekolah yang mampu meningkatkan kinerja. Kemudian, pihak sekolah dapat termotivasi meningkatkan delapan standar pendidikan.

“Sekolah ditunjuk diharapkan mampu mengimbas ke sekolah lainnya. Konsep yang diinginkan, kesungguhan pihak sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Terkait peralihan wewenang SMA/SMK ke provinsi, tidak masalah, kita siap mendukung. Sebab, mencerdaskan anak bangsa menjadi tanggung jawab kita semua,” lanjutnya.

Sementara dalam kesempatan ini, juga hadir kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel, Drs Widodo MPd, melalui Kasi Pembinaan SMK dan Perguruan Tinggi (PT), Dra Erlina MM mengatakan, pihaknya menyambut baik program LPMP.

Baca juga :  Tingkatkan Teknis Teknologi Virtualisasi, Aptikom Gandeng VMware

“Harapan ke depan, pendidikan di Sumsel lebih baik dan banyak tumbuh sekolah model dan unggulan bermunculan yang benar-benar sesuai yang diharapkan,” tukasnya.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!