Pendidikan

Sekolah Penjual Seragam Hanya Diberi Sanksi Teguran

SIANTAR, EDUNEWS.ID – Kepala Inspektorat Kota Pematangsiantar, Robert Dontes Simatupang mengatakan, pihaknya menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh sekolah terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 pasal 181 dan 198 tentang larangan tenaga pendidik, komite sekolah dan dewan pendidikan menjual pakaian seragam.

Peraturan lainnya yang turut dilanggar yaitu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 45 tahun 2014 Bab IV pasal 4 tentang “pengadaan pakaian seragam sekolah diusahakan sendiri oleh orangtua atau wali peserta didik dan pengadaannya tidak boleh dikaitkan dengan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru atau kenaikan kelas“.

“Sudah ada hasilnya. Sudah disampaikan kepada Wali Kota. Sekolahnya sudah jelas melanggar peraturan,” ujarnya, Jumat (23/9/2016).

Baca juga :  Sekolah Lima Hari, Mendikbud Minta Masyarakat Tak Beranggapan Negatif

Dontes mengatakan, mereka merekomendasikan supaya sekolah-sekolah yang melakukan jual beli seragam supaya di tegur oleh dinas yang membawahi sekolah-sekolah.

“Sanksinya berupa teguranlah. Kita minta Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar yang memberikan teguran supaya tidak dilakukan lagi hal serupa. Kami ini kan dari Inspektorat berfungsi untuk membina saja,” ujarnya.

Ia mengatakan kedepan mereka akan melakukan pengawasan terhadap sekolah-sekolah yang melakukan jual beli seragam pada siswa didik baru.

“Tahun depan, kami harap jangan ada lagi terulang hal seperti ini. Kami tetap saja nanti melakukan pengawasan bersama dinas yang membawai sekolah-sekolah ini,” ujarnya.

Adapun permasalahan penjualan seragam yang harus dibeli siswa di Kota Pematangsiantar dilakukan oleh Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pematangsiantar, SMA Negeri 2 Pematangsiantar dan SMA Negeri 3 Pematangsiantar, SMK Negeri 1 Pematangsiantar, SMK Negeri 2 Pematangsiantar.

Baca juga :  Tiga Tahun Siswa SD di Kaltim ini Belajar Beralaskan Lantai

Harga seragam yang dijual sekolah ini melebihi harga pasar seragam yang ada di pasar maupun toko pakaian seragam sekolah dengan selisih harga Rp 50-90 ribu per seragam.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!