Pendidikan

Seleksi PPDB, MTsN 3 Jakarta Berbasis Komputer

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Jakarta baru saja menggelar tes tertulis seleksi Panerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Tes ini digelar serentak di seluruh MTsN Jakarta pada Sabtu (29/4/2017).

Berbeda dengan lainnya, MTsN 3 Pondok Pinang Jakarta Selatan, melaksanakan tes PPDB berbasis komputer atau Computer Based Test(CBT).

“Tes berbasis komputer ini juga mendorong calon peserta didik familier menggunakan teknologi informasi. Karena, pembelajaran di sini pun akan diarahkan menggunakan teknologi digital,” jelas Kepala MTsN 3 Jakarta Jumanto, Sabtu (29/4/2017).

Menurutnya, sesuai harapan Kakanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, MTsN 3 Jakarta selatan mulai mengembangkan sistem pendidikan yang berorientasi digital. Hal ini salah satunya dilakukan dengan menggelar tes seleksi berbasis komputer (CBT).

Baca juga :  Sekolah Wajib Terima Anak Putus Sekolah Penerima KIP

Penggunaan CBT juga bertujuan untuk mempermudah proses pengerjaan soal tes yang ada.

Advertisement

“Dengan menggunakan komputer, peserta tidak perlu repot menghitamkan lembar jawaban. Mereka tinggal klik saja untuk menjawab,” lanjut Jumanto.

Seleksi PPDB berbasiswa CBT di MTsN 3 Jakarta diikuti 512 calon peserta didik. Mereka dibagi dalam dua sessi, masing-masing sesi diikuti 256 peserta. Peserta di setiap sessinya dibagi dalam empat ruang tes.

“Durasi pengerjaan soal tes ini, selama 120 menit,” tutupnya.

Sesuai panduan, hasil tes PPDB MTsN DKI Jakarta dijadwalkan akan diumumkan pada 5 Mei mendatang melalui laman resmi PPDB Online Kanwil Kemenag DKI. Untuk mengaksesnya dilakukan dengan cara login menggunakan nomor peserta.

Berdasarkan data Panitia Pelaksana PPDB Online Kanwil Kemenag DKI Jakarta, tercatat ada 14.020 pendaftar tingkat MTs. Dari jumlah itu, pendaftar dengan latar belakang pendidikan SD mencapai 70,8 persen atau 9.926 pendaftar.

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com