SEKOLAH

Siswa SMAN 2 Aceh Selatan Belajar di Lantai

TAPAKTUAN, EDUNEWS.ID – Proses belajar dan mengajar di SMA Negeri 2 Samadua, Kabupaten Aceh Selatan di Gampong Kuta Blang, Kemukiman Sedar, Kecamatan Samadua memprihatinkan. Para siswa terpaksa harus belajar di lantai lantaran sekolah itu belum dilengkapi fasilitas mobiler, seperti meja dan bangku.

Juru Bicara LSM Lembanga Independen Bersih Aceh Selatan (Libas), Adi Irwan kepada Serambi, Sabtu (8/10/2016) mengatakan kondisi itu bukan hanya dialami siswa, namun dewan guru di SMA tersebut yang juga terpaksa duduk di lantai hanya beralaskan tikar, karena mobiler yang tersedia hanya empat unit yang dibeli menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Selain belum tersedianya mobiler, kompleks SMA tersebut juga rawan longsor. Di beberapa titik terpantau tanah di areal sekolah yang lokasinya berada di bukit Gampong Kuta Blang itu sudah mulai longsor. “Kita juga meminta Dinas BMCK untuk turun meninjau ancaman longsor di sekolah ini, paling tidak bisa diprogramkan pembangunan tebing pengaman,” tambah Adi Irwan.

Baca juga :  Miris, Pengajuan Pengadaan Kelas Tidak Digubris Dinas Pendidikan

Kepala SMA Negeri 2 Samadua, Muzakir SPd mengatakan pihaknya sudah berupaya keras agar siswa dapat belajar normal seperti siswa sekolah lain. Ia juga sudah menjajaki kursi dan meja bekas di sekolah lain. Namun usaha itu tidak membuahkan hasil. Seluruh sekolah yang didatanginya mengaku tidak memiliki kursi dan meja bekas.

Advertisement

“Namun setelah saya usaha lagi dapatlah bangku bekas di SMA Negeri 1 Meukek sebanyak 40 buah. Itulah bangku yang saya rehab,” paparnya.

Marzuki menyebutkan pihaknya sudah menanyakan persoalan tersebut ke Dinas Pendidikan setempat. Namun pihak dinas mengatakan mobiler sekolah sudah ditender dan akhir Oktober 2016 sudah selesai.

“Kemarin saya sudah konfirmasi paling lama akhir Oktober, kalau siap bulan November akan diantar ke sekolah,” jelasnya.

Kepala SMA Negeri II Samadua, Muzakir SPd juga menyebutkan di sekolah tersebut belum tersedia sarana air bersih karena posisi sekolah berada di atas bukit.

“Kita juga kekurangan guru untuk tiga mata pelajaran, yakni Penjaskes, Bahasa Indonesia dan Fisika, itu sudah diusulkan juga ke Dinas,” sebutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Selatan, Martunis mengatakan terkait fasilitas mobiler di SMA Negeri 2 Samadua sudah dilakukan pengadaan tahun ini. Ia meyakini Novermber 2016 mobiler tersebut sudah sampai di sekolah.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com