SEKOLAH

Semua SMP di Bantul akan Gelar Simulasi UNBK

BANTUL, EDUNEWS.ID – Semua sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan swasta di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melaksanakan simulasi ujian nasional berbasis komputer secara serentak selama dua hari, pada 27-28 Februari 2017.

“Persiapan UNBK saat ini tahapan sinkron server untuk persiapan simulasi kedua pada 27-28 Februari. Hari ini terakhir sinkron server,” kata Kasubag Program Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bantul Siti Zamzanah di Bantul, Jumat (24/2/2017).

Menurut dia, simulasi penyelenggaraan UNBK oleh siswa semua sekolah menengah pertama (SMP) sederajat ini sebagai persiapan sekolah dan siswa untuk menghadapi ujian nasional sungguhan yang diselenggarakan pada Mei 2017.

Ia mengatakan, sebab seluruh SMP/MTS di Bantul yang berjumlah 112 sekolah diwajibkan menyelenggarakan UNBK pada 2017 oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, sehingga persiapan menuju ujian harus dilakukan sejak awal.

Baca juga :  Ratusan Sekolah Dasar di Pamekasan tanpa Guru Agama

“Itu (simulasi) untuk pengenalan apa aja yang ada di komputer, karena belum semua sekolah mempunyai komputer, jadi siswanya belum begitu kenal. Kemudian juga untuk tes perangkatnya, koneksinya bagaimana dan sebagainya,” katanya.

Menurut dia, simulasi pelaksanaan UNBK tingkat SMP di Bantul yang pertama dilakukan pada November 2016, namun belum semua sekolah mengikuti karena saat itu belum semua sekolah siap dengan perangkat dan faktor pendukung UNBK.

“Simulasi pertama baru empat sekolah, di antaranya SMP 4 Pandak dan SMP 3 Piyungan. Karena yang lainnya belum siap. Dan simulasi pertama secara teknis lancar, server tidak masalah, karena beban server ringan,” katanya.

Ia mengatakan, sedangkan pada simulasi UNBK kedua ini ada tiga sekolah yang tidak bisa melaksanakan simulasi tersebut, karena pada waktu deadline sekolah supaya masukkan data siswa ke server pada 31 Januari agak terlambat.

Baca juga :  Jelang UNBK, Lemsaneg Perhatikan Aspek Teknologi

“Tapi kalau yang ujian sungguhan tetap. Prinsip semua SMP di Bantul siap melaksanakan UNBK pada 2017, karena kalau ada yang tidak siap, hari ini sudah lapor, sebab hari ini terakhir sinkron server,” katanya.

[NHN/OZ]

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com