SEKOLAH

Tingkatkan Kualitas, Sekolah ICM Gunung Geulis Gelar Pelatihan Guru

JAKARTA, EDUNEWS.id –– Demi untuk memberikan layanan yang berkualitas bagi peserta didik, SMA IT ICM Gunung Geulis, Bogor Jawa Barat mengelar pelatihan guru. Pelatihan ini dilakukan di kawasan wisata SMA IT ICM Gunung Geulis, berlangsung selama 2 hari dari Rabu hingga Kamis (23/6/2016).

Direktur Utama SMA IT ICM Gunung Geulis, Muzakkir Djabir ke edunews.id mengungkapkan, pelatihan ini dimaksudkan untuk menyatukan serta menginternalisasi visi pendidikan yang diusung di sekolah yang berlokasi di daerah wisata ini.

“Selain itu pelatihan ini dimaksudkan untuk mengembangkan dan mengakselerasi kompetensi guru,” kata Muzakkir.

imageKata Muzakkir saat ini guru harus adaptif dengan perkembangan zaman, penguasaan materi dan metodologi pengajaran menjadi kunci dalam proses transfer ilmu kepada siswa.

Ia menambahkan bahwa pelatihan peningkatan SDM guru dan karyawan merupakan kunci kemajuan sekolah.

Baca juga :  Gelombang Perubahan Politik Malaysia

“Sehingga kami akan mensupport penuh kegiatan semacam ini, kita akan mendorong kerjasama dengan lembaga baik di dalam maupun di luar negeri untuk mewujudkan harapan tersebut,” ujarnya.

Pelatihan ini sendiri difasilitatori oleh Sapto Sugiharto (Direktur Pendidikan) dan Amru Asyakari (Kepala Sekolah) yg memiliki rekam jejak yang panjang didunia pendidikan.

Sekolah ICM sendiri yang berpusat di Serpong, Tangerang Selatan tahun ini merupakan tahun yang ke 6 sejak didirikan tahun 2010 lalu. Meski terbilang masih belia, ICM sarat dengan berbagai prestasi. Baik yang diraih oleh ICM sebagai institusi, seperti akreditasi dengan predikat A, maupun capaian prestasi siswanya di tingkat nasional hingga internasional.

Sejalan dengan pertumbuhannya, sejak tahun lalu, ICM menetapkan penguatan visi dan misi, yakni Menjadi sekolah terdepan yang mengembangkan keunikan siswa untuk menghasilkan pemimpin berkarakter Islami, dan turut bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat madani.

Baca juga :  ICM Gunung Geulis Canangkan Program of Leadership School

Penguatan visi dan misi ICM, diterjemahkan secara praksis dalam transformasi gradual yang meliputi, standar kompetensi lulusan, learning methods, hingga pada rencana jangka menengah ICM tahun 2020 serta program kerja tahunan.

Poin pertama penguatan visi ICM, adalah mengembangkan keunikan potensi diri siswa dan civitas lainnya, sehingga buah dari optimalisasi tersebut menjadi jalinan sinergitas yang kuat dan saling menguatkan.

Berbagai program didesain berbasis pada kekuatan yang ada untuk dapat memetakan, merancang, mengawal proses, hingga mengevaluasi terwujudnya visi ICM.

Status Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) yang berhasil diraih ICM, adalah satu bentuk upaya konkret kami dalam merancang kurikulum yang dapat melayani kebutuhan siswa.

Dengan predikat SPK ini, ICM dapat mengembangkan kurikulum yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan. Diantaranya mewujud nyata dalam kerjasama dengan Cambridge International, Apple Education South Asia dan Google Education. Berbagai partnership tersebut, bermuara pada pencapaian visi dan misi ICM.

Baca juga :  Tamsil Linrung 'Mandat' tokoh Muda Enrekang ini Maju pada Pilkada 2018

Penguatan kurikulum keislaman sebagai inti nilai (core value) dalam membentuk generasi pemimpin berkarakter Islami, juga terus dilakukan.

Inovasi metode pengajaran tahsin, tahfidz, fiqih, aqidah, dan sejarah Islam, diwujudkan melalui penyampaian konten dengan lebih menarik guna mendapatkan pemahaman yang mendalam. Metodologi transformasi nilai keislaman di ICM, tidak hanya penguasaan di permukaan, tapi juga mampu menggerakkan siswa dalam pengamalan.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!