EDUNEWS

SMAIT ICM Gunung Geulis Bogor Siap Hadapi era Pendidikan 4.0

BOGOR, EDUNEWS.ID-SMAIT Insan Cendekia Madani Gunung Geulis Bogor merupakan sekolah nasional dengan konsep boarding school (berasrama) dengan mengusung visi ‘menjadi sekolah terdepan yang mengembangkan potensi fitrah insani untuk menghasilkan pemimpin berkarakter islami sebagai perwujudan islam yang rahmatan lil’alamin.’

Sekolah yang berdiri dengan luas 2.7 hektar di kawasan Gunung Geulis dapat dicapai dengan jalur akses Sentul Selatan Bukit Pelangi Golf atau keluar Tol Puncak-Gadog. Sekolah yang memiliki kawasan asri, hijau, sejuk sehingga nyaman bagi para siswa-siswinya untuk menimba ilmu.

Direktur Pendidikan ICM Gunung Geulis, Kartika Kharismawaty, M.Pd, CMHA menjelaskan program unggulan sekolah ini adalah 4.0 education yang merupakan program untuk mendukung terwujudnya pendidikan cerdas.

Baca juga :  Anggaran Pendidikan dinilai Belum Mampu Tingkatkan Kualitas Pendidikan

“Melalui peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan, perluasan akses dan relevansi memanfaatkan teknologi dalam mewujudkan pendidikan Kelas Dunia untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki setidaknya 4 keterampilan abad 21 yaitu kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis dan kreatif, mengacu pada standar kompetensi global dalam mempersiapkan generasi muda memasuki realitas kerja global dan kehidupan abad 21,” kata Kartika dalam keterangannya, Jumat (8/5/2020)

SMAIT Insan Cendekia Madani Gunung Geulis Bogor telah menggunakan perangkat digital sebagai sarana belajar mengajar, administrasi dan evaluasi pembelajaran serta laporan hasil belajar.

“Selain hal tersebut, 4.0 education kami wujudkan kedalam konsep Moving Class System, Global Virtual Classroom (GVC) yaitu bertukar informasi pembelajaran Indonesia dengan negara lain dan program-program penelitian baik siswa/i jurusan IPA dan IPS,” katanya.

Baca juga :  Buruan Daftar! SMA IT ICM Gunung Geulis Buka Penerimaan Siswa Baru

Dirinya menjelaskan, untuk meningkatkan kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis dan kreatif maka siswa dan siswi mendapatkan program diantaranya Program Literasi yaitu suatu kemampuan seseorang untuk menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas membaca dan menulis.

“Diakhir program literasi siswa siswi dilatih membuat produk bacaan orisinil  seperti buku komik, novel, cerpen dan lainnya,” katanya.

Untuk mengukur standar kompetensi global yaitu salah satu kompetensi penting adalah Komunikasi, oleh karena itu sekolah kami memiliki program pengayaan dan sertifikasi TOEFL (English)  dan TOAFL (Arabic).

 (Produk Literasi SMAIT ICM Gunung Geulis Bogor)

(Produk Literasi SMAIT ICM Gunung Geulis Bogor)

Program 4.0 education selanjutnya Student Project dan Student Research dimana siswa-siswi jurusan IPA dan IPS melakukan penelitian, membuat produk dengan menggunakan sumber daya alam yang ada disekitar sekolah kemudian produk tersebut disosialisasikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Produk yang sudah dibuat diantaranya Madani Aromatherapy dengan aroma asli Lemon, Apel, Green tea, Sereh dan Kayu Putih.

Baca juga :  Siswa SMAIT ICM Gunung Geulis Lulus 100 Persen
Advertisement

Siswa kelas 10 IPA dalam pembuatan produk “Madani Aromatherapy”

“Produk berikutnya Madani Spring Water yang sumber airnya menggunakan air tanah di sekolah kami,” ujarnya.

Air telah diuji kelayakannya oleh siswa dan dibakukan oleh Laboratorium BPPT sehingga layak untuk dikonsumsi. Madani Spring Water dikonsumsi oleh civitas sekolah dan masyarakat sekitar sekolah dengan harga yang terjangkau.

Produk lainnya sebagai penelitian dan pembuatan produk oleh siswa/i jurusan IPA dan IPS yaitu Handsanitizer berbahan dasar Kulit Durian, Bio Pestisida berbahan dasar Pohon Bintaro, Briket berbahan dasar Kulit Durian.

“Semua produk yang dihasilkan diperjualbelikan dengan sistem Pre-order melalui website dan media sosial akun resmi sekolah kami,” katanya.

Penelitian Uji Layak Minum Madani Spring Water

Untuk mempersiapkan keterampilan Abad 21 yaitu Kolaborasi, SMAIT Insan Cendekia Madani Gunung Geulis Bogor memiliki program Overseas dan Student Exchange ke Turki didesain untuk memperkenalkan siswa/i kepada pendidikan global taraf Eropa. ICM Gunung Geulis juga telah bekerjasama untuk studi lanjut universitas ke PTN Turki dan Madinah.

 

Ibu Kartika Kharismawaty, M.Pd, CMHA bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki Dr. Lalu Muhammad Iqbal dalam kerjasama Studi Lanjut Universitas di Turki

“Harapan kami SMAIT Insan Cendekia Madani Gunung Geulis Bogor, bisa menjadi role model 4.0 Education bagi sekolah-sekolah di lingkungan Kabupaten Bogor khususnya dan Indonesia pada umumnya,” tutup Kartika.

 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com